Sandiaga Uno, Talenta Muda Menparekraf

  • Whatsapp
Linawati (Mahasiswa Stisipol Raja Haji / Jurusan Sosiologi)

Sandiaga Uno resmi dilantik menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) oleh Presiden Joko Widodo. Sandiaga  yang sekaligus pengusaha dan politisi Partai Gerindra ini sempat berseberangan kubu dengan Jokowi di Pilpres 2019. Ia mengungkapkan alasannya mau masuk ke kabinet Joko Widodo.

“Covid- 19 ini adalah game changer, Covid-19 ini mengubah segalanya, terutama ketika dua minggu terakhir saya bertafakur, tadabur, berkontemplasi, refleksi, bahwa kita semua akhirnya harus bersatu padu,” ujar Sandiaga kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Pria yang bernama lengkap Sandiaga Salahudin Uno ini lahir di Rumbai, Pekanbaru, Riau pada tanggal 28 Juni 1969. Dia merupakan anak dari Razif Halik Uno dan Mein R. Uno. Ayahnya berasal dari Gorontalo. Sandiaga Uno dikenal sebagai seorang pengusaha besar yang memiliki banyak perusahaan serta termasuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Sukses menjadi pengusaha, ia juga memilih terjun ke dunia politik sama seperti beberapa pengusaha lainnya.

Menurut data yang dihimpun dari majalah bisnis Globe Asia pada tahun 2017, total kekayaan Sandiaga Uno ditaksir mencapai 7.2 triliun rupiah. Namun pada tahun 2018, total kekayaan Sandiaga Uno menyusut hingga sekitar 4.3 triliun rupiah atau sekitar 300 juta dollar. Dari total kekayaannya tersebut, nama Sandiaga Uno masuk dalam jajaran 100 orang terkaya di Indonesia versi majalah bisnis Globe Asia.

Setelah didapuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, alumnus Wichita State University ini bakal menerapkan strategi inovasi dengan menggunakan teknologi big data untuk menggarap dan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19. Strategi yang mungkin diadopsi adalah strategi inovasi dengan menggunakan teknologi, menggunakan pendekatan big data, pendekatan kekinian untuk memetakan baik dari segi potensi maupun penguatan.

Baca juga  Tanggapi Pandemi Covid-19, Bupati Anambas Keluarkan Surat Edaran

Berkolaborasi dengan semua pihak, pemerintah, lembaga, pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah provinsi, pemerintah kota, pemerintah kabupaten, akademisi, universitas, maupun masyarakat, dan dunia usaha, Sandiaga Uno akan memulai program kerjanya.

Sandiaga Uno mengaku akan menggandeng pelaku industri yang tergabung dalam asosiasi, termasuk Kadin, Hipmi, PHRI, dan semua asosiasi yang terkait di sektor pariwisata yang disebutnya teramat sangat penting guna membangun pariwisata dan ekonomi kreatif yang lebih baik lagi. Sedangkan tugas lain dari Kemenparekraf adalah memastikan keberlanjutan dan ketahanan usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang saat ini terdampak pandemi Covid-19.

Dalam meningkatkan income dibidang usaha pariwisata yang anjlok disebabkan Covid-19, harapan masyarakat kepada pemerintah sangatlah besar, terutama kepada Menteri Menparekraf  Sandiaga Uno yang baru dilantik dan dikenal sukses di dunia entrepreneurship tentunya tidak diragukan lagi dalam membangun ekonomi bangsa di berbagai sektor usaha.

Disaat pandemi, usaha di sektor pariwisata lumpuh sehingga menjadi salah satu penyumbang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terbesar saat ini. Terobosan dan kontribusi dari Menteri Menparekraf ingin dilihat bahkan dinanti-nanti oleh sebagian masyarakat. Terutama yang selama ini mengandalkan pariwisata sebagai tempat mengais rezeki, tentunya menaruh harapan agar kedepannya pariwisata kembali pulih dan yang tadinya di PHK bisa bekerja kembali.

 

Oleh: Linawati (Mahasiswa Stisipol Raja Haji / Jurusan Sosiologi)

jasa website rumah theme


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait