Pengaruh Pertandingan Sepakbola Piala Dunia Terhadap Usaha Warung Kopi di Tanjungpinang

  • Whatsapp
Penulis : Nobertus Ceunfin.

Kepulauanriau, Metrosidik.co.id – Warung kopi merupakan tempat tujuan yang sering dikunjungi anak-anak muda dari berbagai latar belakang, sosial budaya untuk berkumpul, diskusi, ngobrol santai. Dialog dan opini dengan berbagai macam latar belakang.

Biasanya, minum kopi bersama itu gunanya untuk mendapatkan suatu informasi bermanfaat bagi setiap individu yang selalu bersama di warung kopi. Sepakbola adalah olahraga masyarakat dimana pun berada. Bahkan, di seluruh dunia.

Seluruh lapisan sosial masyarakat Indonesia, khususnya di kota Tanjungpinang, suka menyaksikan pertandingan sepakbola. Baik menonton siaran langsung melalui televisi, maupun menonton langsung di stadion yang menyelenggarakan pertandingan sepakbola.

Kota Tanjungpinang merupakan kota yang mempunyai banyak pengusaha warung kopi. Dimana mereka bersaing-saing untuk membuka warung kopi itu. Sehingga, dengan berbagai macam seni agar bisa menarik atau diminati banyak orang. Dan juga para pengusaha warung kopi membuka layar tancap yang besar, agar orang beramai- ramai berkunjung untuk menyaksikan kompetisi sepak bola piala dunia.

Oleh karena itu, di tahun 2022 ini mulai dari bulan November kemarin hingga bulan Desember. Dan kini, telah tiba pertandingan sepak bola dunia. Piala Dunia tahun 2022 yang dilangsungkan di Qatar, telah dimulai sejak 21 November 2022 lalu sampai 18 Desember 2022 mendatang. Tentunya membawa berkah bagi semua pengusaha warung kopi, khususnya di kota Tanjungpinang.

Pemilik warung kopi menyediakan televisi dengan berbagai jenis maupun layar yang besar. Seperti infocus untuk mengadakan kegiatan Nonton Barengan (Nobar) dalam pertandingan sepakbola dunia tahun 2022.

Akan tetapi, ada kelakar yang sering dikatakan banyak orang, “untuk apa minum kopi di warung kopi. Sudah mahal, pahit lagi. Mending ngopi di rumah. Soalnya, sudahlah gratis bahkan manis lagi. Namun itu hanyalah kelakar. Sebenarnya, kita memahami, bahwa ketika kita berkunjung ke warung kopi, yang dijual itu bukan hanya kopinya saja. Tetapi adalah suasananya. Sehingga, banyak kita melihat warung kopi sekarang mendesain dengan desain yang bermodel-model dan unik. Agar pengunjung datang dan bisa duduk berlama-lama sambil ngopi. Tetapi, mereka akan menikmati suasana yang indah bagi mereka.

Baca juga  Inilah Sederetan Profesi ‘Pahlawan’ di Tengah Pandemi

Selain menikmati kopi, kita bisa melihat bagaimana Barista meracik dan menyuguhkan kopi.

Warung kopi adalah tempat menikmati kopi. Bukan tempat minum kopi. Kalau hanya minum kopinya, sebaiknya di rumah saja. Karena di rumah murah meriah, lebih santai dan bebas tagihan.

Sejak tanggal 21 November kemarin, sampai saat ini pertandingan sepak bola dunia masih berlangsung. Sehingga, para penggemar sepak bola akan mecari siaran langsung pada setiap layar yang besar di warung- warung kopi.

Masyarakat kota Tanjungpinang bersaing-saing membuka warung kopi. Karena bisnis kedai kopi itu mudah dan tidak mengenal strata ekonomi. Baik muda maupun pun tua, bisa mumbuka warung kopi. Buka warung kopi juga merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Bagi yang pembaca Opini ini, akan tertarik untuk menjalankanya.

Pada saat momen seperti yang sekarang ini adanya kompetisi sepak bola dunia, maka semua masyarakat atau para pengusaha warung kopi akan mempunya kesempatan yang sangat bermanfaat.

Dengan kompetisi sepak bola internasional Federation Internationale de Fooball Associaion (FIFA), telah di selenggarakan setiap empat tahun sekali sejak dimulai tahun 1930. Dan sampai saat ini, kecuali tahun 1942 dan 1946 yang tidak diselenggarakan.Karena terjadi perang dunia ke II.

Juara Dunia saat ini adalah prancis. Kesebelasan ini menjuarai turnamen tahun 2018 lalu di negara Rusia. Dengan kompetisi sepak bola ini, maka para pengusaha warung kopi yang ada di Tanjungpinang sangatlah banyak. Bahkan, disetiap pinggiran jalan pun ada layar siaran langsung sepak bola dunia setiap malam. Kondisi seperti itu akan berlangsung hingga berakhirnya pertandingan sepak bola dunia yang ada saat ini.

Penulis : Nobertus Ceunfin. Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Tanjungpinang, Kepri.

jasa website rumah theme


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait