Omicron Menyebar Seluruh Dunia, WHO Setujui Dua Obat Baru Covid-19

  • Whatsapp
Omicron Menyebar Seluruh Dunia, WHO Setujui Dua Obat Baru Covid-19
Obat Covid-19 Sotrovimab mendapat persetujuan dari regulator obat Inggris. (Foto: AFP)

PARIS, METROSIDIK.CO.ID — Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyetujui dua obat baru Covid-19 yakni Baricitinib dan Sotrovimab pada Jumat (14/1/2022). Seperti dilaporkan AFP, dua obat ini menjadi sarana bersama dengan vaksin untuk mencegah penyakit parah dan kematian akibat virus corona.

Berita itu muncul ketika kasus Omicron memenuhi rumah sakit di seluruh dunia. WHO memperkirakan bahwa setengah dari Eropa akan terinfeksi pada bulan Maret.

Dalam rekomendasi di jurnal medis Inggris The BMJ, para ahli WHO mengatakan bahwa obat radang sendi Eli Lilly, baricitinib menghasilkan tingkat kelangsungan hidup yang lebih baik dan mengurangi kebutuhan akan ventilator. Baricitinib digunakan dengan kortikosteroid untuk merawat pasien Covid-19 yang parah atau kritis.

Baca juga  Ketegangan jalur Gaza Israel tembakan 3.000 Roket, 181 Warga Palestina Tewas

Para ahli juga merekomendasikan pengobatan antibodi sintetis Sotrovimab buatan GlaxoSmithKline dan Vir Biotechnology – untuk orang dengan Covid-19 yang tidak serius dengan risiko rawat inap tertinggi, seperti orang tua, orang dengan defisiensi imun, atau penyakit kronis seperti diabetes.

Manfaat Sotrovimab untuk orang yang tidak berisiko dirawat di rumah sakit dianggap tidak signifikan. Namun WHO menyatakan efektivitas Sotrovimab terhadap varian baru seperti Omicron masih belum pasti.

Hanya tiga pengobatan lain untuk Covid-19 yang mendapat persetujuan WHO, dimulai dengan kortikosteroid untuk pasien sakit parah pada September 2020.

Baca juga  Menlu Retno Laporkan Hasil KTT G20 Lahirkan Deklarasi Pemimpin Negara

Kortikosteroid tidak mahal dan tersedia secara luas dan melawan peradangan yang biasanya menyertai kasus yang parah.

Sementara, obat radang sendi tocilizumab dan sarilumab, yang disahkan WHO pada bulan Juli, adalah penghambat IL-6 yang menekan reaksi berlebihan yang berbahaya dari sistem kekebalan terhadap virus Sars-CoV-2.

Baricitinib berada dalam kelas obat yang berbeda yang dikenal sebagai inhibitor Janus kinase, tetapi berada di bawah pedoman yang sama dengan inhibitor IL-6.

Baca juga  Persiapan Taliban Bentuk Kabinet Baru di Tengah Evakuasi AS

“Ketika keduanya tersedia, pilih satu berdasarkan masalah termasuk biaya dan pengalaman dokter,” saran pedoman itu.

Pengobatan antibodi sintetis Regeneron telah disetujui oleh WHO pada bulan September dan pedoman menyatakan Sotrovimab dapat digunakan untuk jenis pasien yang sama.

Rekomendasi pengobatan Covid-19 WHO diperbarui secara berkala berdasarkan data baru dari uji klinis.

 

jasa website rumah theme


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait