Medco E&P Tingkatkan Kompetensi Kader Desa Dalam Pengelolaan Data

  • Whatsapp

Anambas, metrosidik.co.id–Data sangat penting bagi sebuah desa, namun sering tidak sesuai fakta. Padahal, data berfungsi strategis sebagai dasar perencanaan, keputusan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Singkatnya, data sangat penting bagi pengelolaan pemerintahan. Apalagi saat ini, Pemerintah Pusat mulai melaksanakan kebijakan penyaluran dana desa untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Mengingat pentingnya data, Medco E&P Natuna Ltd. (Medco E&P) menggelar pelatihan “Penguatan Tata Kelola Pemerintahan dan Pembangunan Desa” di Kabupaten Kepulauan Anambas bersama Lembaga Lingkar Pembaruan Desa dan Agraria (KARSA). Program ini diikuti oleh aparat dan kader pemerintah desa dalam rangkaian kegiatan dari Agustus-November di Kecamatan Palmatak, Kepulauan Anambas.

Pelatihan diawali dengan semiloka tata kelola pemerintahan dan pembangunan desa, pengenalan instrumen pemetaan berbasis geososio spasial dan sensus sosial ekonomi. Pelatihan diakhiri dengan latihan input dan pengolahan data menjadi draf Sistem Informasi Desa (SID).

Vice President Relations & Security Medco E&P Drajat Panjawi menjelaskan, melalui program ini kader desa dapat mengenal Geographic Information System (GIS), yaitu sistem khusus yang mengelola data informasi spasial. “Para kader diharapkan mampu mengoperasikan sistem komputer dengan kemampuan membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi bereferensi geografis dengan perangkat komputer bantuan Medco E&P,” ujarnya.

Rangkaian pelatihan ditutup dengan kegiatan monitoring pengolahan data SID berbasis geososio spasial yang dihadiri para kepala dan kader desa dampingan serta Camat Palmatak Redo Lithrony Fourty Grav. Saat penutupan program ini, para kader terlihat fasih menyajikan data hasil kerja mereka. Hal ini membuat Camat Palmatak kagum atas kemajuan kompetensi para kader ini.  (***)

jasa website rumah theme
Baca juga  Strategi Potensi Ekonomi Prikanan Anambas


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait