DAIRI, METROSIDIK.CO.ID — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penuh pengembangan produk kreatif lokal asal Danau Toba.
Hal tersebut disampaikan dalam peluncuran Beli Kreatif Danau Toba (BKDT) di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Sabtu (20/2/2021).
“Produk artisan Danau Toba bila disandingkan dengan lokasi pariwisata super prioritas tentunya akan meningkatkan kualitas,” kata Sandiaga.
Namun, diperlukan pendampingan bagi pelaku kreatif dalam upaya up scaling produk.
“Berkaitan dengan sektor ekonomi kreaif. Kami menyusun strategi utama yakni inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Ini agar sektor ekonomi kreatif pariwisata di Indonesia terus menggema dan terimplementasi,” kata Sandiaga.
Sandiaga berharap peluncuran Beli Kreatif Danau Toba mampu mendorong pemulihan sektor UMKM di tengah pandemi Covid-19.
Beli Kreatif Danau Toba sebelum diresmikan Presiden Joko Widodo juga sudah dihelat di Jabodetabek.
Dalam kurun waktu enam bulan, gelaran ini sanggup meningkatkan omzet pelaku UMKM secara signifikan.
“Kemarin di Jabodetabek Beli Kreatif Danau Toba dilaunching di tengah PSBB tahun, omzet pelaku kreatif meningkat 60 persen di event tersebut,” ungkap Sandiaga.
Beli Kreatif Danau Toba melibatkan setidaknya 6.738 tenaga kerja, memfasilitasi artisanal untuk on boarding di 6 e-commerce dan dua jasa transportasi online.
“Kita harapkan sampai dengan Maret 2021 kita melihat peningkatan produksi ekonomi kreatif. Kita ingin produk tradisional seperti fashion dan kuliner bisa disiapkan,” katanya.
Sumber: