Dinkes Natuna Himbau Masyarakat Waspada Terhadap DBD dan Segera Lakukan 3M Plus

  • Whatsapp

Natuna, Metrosidik.co.id–Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, menghimbau semua masyarakat untuk segera melakukan 3M Plus (Menutup Menguras dan Mengubur ) untuk pencegahan terjangkitnya DBD (Demam Berdarah).

“Segeralah melakukan gerakan 3M Plus. Adapun Plus yang dimaksud yakni, kalau tidur pasanglah Kelambu dan untuk anak-anak yang ke sekolah pakailah Lotion anti Nyamuk, karena Nyamuk DBD biasanya beraktifitas di pagi hari.” Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Hikmat Aliansyah, saat dijumpai di ruangan kerjanya, Senin, 18/02.

Hikmat mengatakan. “Belum lama ini RSUD melaporkan ke Dinas Kesehatan, bahwasan nya ada 3 pasien dewasa, positif DBD dan sekarang lagi dirawat inap,” tuturnya.

Adapun gejala terjangkit DBD adalah demam, nafsu makan berkurang. Kalau sudah berat biasanya terjadi pendarahan seperti mimisan, timbulnya bintik-bintik merah dan kalau lambat ditangani pasien bisa meninggal.

“Penanganan yang kami lakukan untuk pasien, kami akan bawa ke Puskesmas atau RSUD dan segera di infus untuk menambah daya tahan tubuh pasien. Sedangkan untuk Nyamuknya, langkah yang sudah diambil yakni, Pemberantasan Sarang Nyamuk ( PSN ) dan Foging juga sudah kami lakukan, seperti di Polres kemarin, karena kami mendapat laporan bahwa ada anggota terjangkit DBD disana.” Ucap Hikmat.

Lanjut Hikmat, “Foging ini kalau sering-sering dilakukan tidak bagus juga, selain tidak bagus untuk lingkungan, juga bisa berakibat Nyamuk nya akan bisa kebal terhadap racun yang kita semprotkan ( melation ), jadi Foging hanya alternatif terakhir. Yang penting 3M plus nya di galakkan dan jaga kesehatan.”

Laporan.Mon.

jasa website rumah theme
Baca juga  Pelabuhan Selat Lampa Natuna, jadi Perioritas¬† Kementrian Perhubungan.


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait