Bupati Natuna Wan Siswandi Sampaikan Kondisi Natuna ke Ombudsman RI Dalam Rangka Giat Loka Karya

  • Whatsapp
Kegiatan kali ini dalam rangka loka karya kerjasama pembentukan nara hubung antara Ombudsman RI dengan sentra pelayanan publik di kabupaten Natuna.

Natuna, metrosidik.co.id- Bupati Natuna, Wan Siswandi buka langsung pembentukan nara hubung Ombudsman RI dengan unit penyelenggara pelayanan publik dan pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Lantai II kantor bupati, Bukit Arai, Kecamatan Bunguran Timur, Selasa 6 Desember 2022.

Kegiatan kali ini dalam rangka loka karya kerjasama pembentukan nara hubung antara Ombudsman RI dengan sentra pelayanan publik di kabupaten Natuna.

Dalam kesempatan itu,  Wan Siswandi menyampaikan,  bahwa kehadiran Ombudsman di Natuna adalah bentuk keseriusan dalam menangani pelayanan publik.

Hal itupun disambut baik Wan Siswandi, walaupun ujungnya bupati dari laut sakti rantau bertuah ini mengeluh dengan minimnya anggaran, sehingga membuat proses pembangunan tidak dapat berjalan baik.

“Kehadiran Ombudsman RI tanda keseriusan dalam menangani pelayanan publik,  sayangnya minimnya anggaran APBD Natuna akibat pandemi covid 19 membuat  pembangunan daerah  baik pelayanan publik tidak bisa optimal, ”  ucap Wan Siswandi.

Bukan hanya minimnya anggaran yang disampaikan Wan Siswandi,  bagian kesehatan juga jadi konsen pemerintah daerah karna kurangnya peralatan kesehatan dan jauhnya jarak tempuh ke provinsi apabila ada rujukan untuk penanganan pasien.

Tidak sampai disitu saja,  jalan menuju  klarik dan teluk buton salah satu akses pemekaran daerah tidak luput jadi perhatian orang nomor satu di pemerintahan Kabupaten Natuna ini.

Menurutnya masih banyak  pekerjaan yang harus dibenahi, baik itu pendidikan berbasis beasiswa, lapangan kerja ,  termasuk pengembangan pariwisata  dan lapangan kerja di Natuna.

“Bukan hanya minimnya anggaran APBD Natuna yang jadi  konsen kami , baik  itu pelayanan publik,  salah satunya alat kesehatan (Alkes) dan infrastrukturnya,  termasuk  akses jalan teluk buton dan klarik,  pengembangan pembangunan pariwisata, lapangan kerja dan masih banyak lagi, ” terang Siswandi.

Baca juga  Warga Temukan Bongkahan Kandungan Murni Emas di Aliran Sungai Are OKU Selatan

Dirinya juga menjelaskan, pemerintah Kabupaten Natuna baru-baru ini  memfasilitasi penerimaan tes polisi  bagi putra-putri  Natuna yang di fasilitasi pemerintah daerah.

Ditempat sama Ketua Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepulauan Riau, dr. Lagat Parroha Patar Siadari mengatakan,   bahwa kedepan Ombudsman RI provinsi kepulauan riau akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah kabupaten Natuna.

Ia menjelaskan ada sejumlah  project di kepulauan Riau mangkrak yang tidak sedikit nilainya dan datanya telah di sampaikan ke KPK .
<span;>Menurutnya semua ini tidak lazim dan di duga dari awal salah perencanaan.

Beda hal dengan  Pemerintah Kabupaten Natuna , pada kesempatan itu Ketua Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Riau, dr. Lagat memuji semangat dan penghargaan yang diterima Bupati Wan Siswandi dalam memimpin roda pemerintahan, walaupun buzet anggaran APBD kabupaten Natuna menurun akibat musibah covid 19.

“Banyak project di Provinsi Kepulauan Riau mangkrak dan tidak ditindaklanjuti hingga merugikan negara . Ombudsman RI sudah melaporkan data tersebut ke KPK  dan project mangkrak ini di duga salah perencanaan.”

Untuk Bupati Natuna Wan Siswandi, saya ucapkan selamat atas dua penghargaan baru-baru ini, walaupun APBD Natuna  menurun namun semangat memimpin roda pemerintahan. Terimakasih  saya ucapkan atas sambutan Bupati Wan Siswandi atas kedatangan rombongan Ombudsman RI Kepulauan Riau,” puji dr. Lagat.

Adapun  tujuan kegiatan loka karya nara hubung dibawah pengawasan lembaga Ombudsman RI agar berkoordinasi  dan konsilidasi pengembangan pengawasan pelayanan publik baik di dalam intansi maupun di tubuh Ombudsman RI itu sendiri.

Salah satu yang terpenting dalam nara hubung adalah Local point,  untuk menjalankani tugas pengawasan di internal dan kordinator pengaduan di institusinya.
Yang bertujuan untuk  efektivitas pengaduan masyarakat dan kolaborasi dan melakukan evaluasi  dengan tujuan pengelolaan pengaduan. (*)

jasa website rumah theme


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait