Kapal Selam RI Nanggala-402 Hilang Posisi di Laut Utara Bali

Kapal Selam RI Nanggala-402 Hilang Posisi di Laut Utara Bali
Kapal Selam Nanggala 402 yang dikabarkan hilang kontak. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat).

METROSIDIK.CO.IDKapal selam RI Nanggala-402ย dilaporkan hilang kontak di perairan Bali saat tengah menggelar latihan menembak torpedo. Ternyata kapal selam ini terakhir kali berada pada posisi di perairan sisi utara Bali.

“Kalau koordinat sulit, areanya saja, di utara Bali,” kata Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono, saat dihubungi, Rabu (21/4/2021).

“Saya sudah lihat petanya, tapi kita bilang nautical miles, ini lagi dicek,” ucapnya. Julius belum bisa memastikan seberapa jauhย kapal selamย tersebut dari Pulau Bali saat terakhir kali terlihat. Pihak TNI AL, masih mengecek lokasi pasti hilangnya kapal selam tersebut.

Julius mengatakan, per pukul 19.45 WIB, sejumlah KRI beserta bantuan dari Singapura sudah diterjunkan untuk membantu pencarian kapal selam KRI Nanggala-402. Dia menyebut proses evakuasi akan dilakukan setelah titik hilang kapal selam ditemukan.

Baca juga  KASAL: Pembangunan Kekuatan Pertahanan Laut Harus Pertimbangkan Tiga Pilar

“Kita kan sekarang melibatkan beberapa KRI, kita juga minta bantuan Singapura karena punya alat khusus nanti setelah diketahui titik titiknya baru kita lakukan evakuasi,” ujarnya.

Sebelumnya, Julius menyebut kapal selam KRI Nanggala-402 hilang kontak dalam latihan penembakan torpedo.

“Setiap latihan pasti ada komunikasi antara unsur di atas air dan bawah air. Saat komunikasi itu tidak terjadi, maka kita mencari, kok tidak ada laporan di unsur bawah air.ย Lost contact,” kata Julius.

Baca juga  Ancaman Serius, Densus 88 Ungkap Jaringan Teroris Sudah Terbuka Dalam Rekrut Anggota

“Sebelum kapal selam menembakkan dengan peluru perang, itu latihan dulu. Paginya latihan torpedo, latihan dulu, siangnya baruย nembak real…,” ucap dia.

 

 

 

Sumber:ย 

 

jasa website rumah theme

Pos terkait