Kemendikbud Buka Rekrutmen Guru Penggerak Angkatan 3

Kemendikbud Buka Rekrutmen Guru Penggerak Angkatan 3(Dok. Kemendikbud)

METROSIDIK.CO.ID — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan kembali membuka pendaftaran seleksi Guru Penggerak.

Seleksi Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan ketiga ini dibuka mulai hari ini, Senin (18/1/2021) dan terbuka untuk guru jenjang TK, SD, SMP dan SMA.

PGP merupakan pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran, meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak.

Selain itu, Kemendikbud juga membuka rekrutmen bagi Calon Pengajar Praktik untuk angkatan ketiga. Kegiatan ini terbuka untuk guru, kepala sekolah, pengawas sekolah dan praktisi pendidikan.

Nantinya, para pengajar praktik mempunyai peran untuk memfasilitasi calon guru penggerak dalam melakukan refleksi, membuat capaian perkembangan, melakukan evaluasi, memberikan umpan balik, serta memfasilitasi lokakarya pada proses PGP.

Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Praptono menjelaskan bahwa Kemendikbud akan terus mencari dan menyeleksi guru-guru terbaik di seluruh tanah air.

Pihaknya akan mencari guru-guru yang memiliki potensi dapat menggerakkan ekosistem di sekolahnya untuk berkolaborasi dengan sekolah lain.

“Kami akan menyeleksi guru-guru yang mau bergerak tanpa disuruh, dan (mereka) bergerak selalu berpihak kepada murid,” tutur Praptono dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (18/1/2020).

Guru bisa tetap mengajar selama ikut program

Praptono menjelaskan, guru-guru yang lolos seleksi akan mengikuti PGP menggunakan pendekatan andragogi dan blended learning (daring dan luring) selama sembilan bulan.

Program tersebut dirancang untuk mendukung hasil belajar yang implementatif berbasis lapangan.

 

jasa website rumah theme
Baca juga  Ketua DPD RI LaNyalla Minta Pemerintah Perhatikan Pemenuhan Kebutuhan Listrik Kalbar

Pos terkait