Fraksi PKB DPR Mendukung Pembentukan RUU Komoditas Strategis Nasional

Fraksi PKB DPR Mendukung Pembentukan RUU Komoditas Strategis Nasional
Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal. (Foto: Google)

JAKARTA, METROSIDIK.CO.ID โ€“ Fraksi PKB DPR mendukung dibentuknya Rancangan Undang-Undang (RUU) Komoditas Strategis Nasional. Ketua Fraksi PKB, Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan, negara perlu melindungi petani sejumlah komoditas, seperti kelapa sawit, tembakau, dan lain sebagainya.

โ€œApa pun nanti yang terjadi, misal RUU Pertembakauan mandek, saya sepakat apa yang diusulkan. Mungkin nanti bunyinya bisa RUU Komoditas Strategis Nasional. Ada kelapa sawit, ada tembakau yang penting afirmasinya kelihatan, yaitu bagaimana bahwa negara hadir melindungi petani,โ€ kata Cucun dalam diskusi Forum Legislasi bertajuk โ€œMenakar Urgensi RUU Pertembakauanโ€ di Media Center DPR, kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (28/9/2021).

Cucun menyatakan negara sepatutnya berpihak dan memberikan perlindungan terhadap petani tembakau, termasuk komoditas lain. Dikatakan, panitia khusus (pansus) yang dibuat untuk RUU Komoditas Strategis Nasional, melibatkan Komisi IV DPR, Komisi VI, Komisi VII, dan Komisi X.

Baca juga  Sidang Paripurna DPR Setujui RUU TPKS Disahkan Jadi Undang Undang

โ€œIni adalah satu kebutuhan sangat mendesak bagaimana melindungi petani ini dengan mewujudkan undang-undang pertembakauan ini apapun nanti bisa digabungkan dengan dengan komoditas lain. Ini sudah keniscayaan yang harus diwujudkan. Kalau tidak, mau sampai kapan,โ€ ujar Cucun.

โ€œPernah nggak berpikir untuk membina para petani kita. Dari mulai mereka menyediakan misalnya bibitnya, kemudian membantu juga bagaimana kebutuhan sarana produksi pertembakauannya, sehingga harganya bisa terjamin, bisa betul-betul pascapanen itu kalau tanam tembakau bukan ketika menanam menangis, kemudian panen menangis,โ€ imbuh Cucun.

 

jasa website rumah theme

Pos terkait