Disdikpora Anambas Jelaskan Tahapan Pendaftaran Beasiswa Penuh


Anambas, metrosidik.co.id–Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas, Nurman, menyebut rekrutmen dan seleksi beasiswa penuh bagi putra-putri tempatan telah diumumkan kepada publik. Pengumuman tahap-tahap pendafatarannya telah disampaikan ke setiap Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. “Pengumuman itu kita sampaikan ke sekolah-sekolah pada bulan Januari lalu,” sebut Nurman di ruang kerjanya, Rabu, 10 Juni 2020.

Terpisah, Pardan sebagai Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Pendidik Disdikpora Kabupaten Kepulauan Anambas menerangkan, pihaknya telah menyurati setiap sekolah pada tanggal 23 Januari lalu. Surat itu disampaikan kepada Himpunan Mahasiswa dan Pemerintah Desa.

“Kalau untuk terbuka, kita sudah terbuka untuk umum. Sampai hari ini pun siapa yang mau mendaftar masih kita terima. Senin lalu saja sempat ada yang mendaftar dan langsung ikut seleksi. Memang tidak kita umumkan tahapan pendaftarannya di media,” terang Pardan saat memantau proses seleksi yang sedang berlangsung di lantai II, kantor bupati Pasir Peti.

Diketahui beasiswa penuh dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas ini diperuntukkan untuk umum. Selagi memenuhi syarat dan ketentuan kampus. “Syaratnya membuat surat permohonan ke Bupati yang diserahkan ke dinas pendidikan. Dibuktikan dengan akte kelahiran dan Kartu Keluarga. Misalnya yang sudah lulus satu atau dua tahun boleh ikut seleksi. Yang penting memenuhi syarat kampus,” tambahnya.

Untuk syarat akte kelahiran di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, tidak menjadi syarat mutlak. Meskipun tidak lahir di Anambas cukup dengan Kartu Keluarga dan berijazah tamatan dari salah satu sekolah yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Semua dokumen peserta seleksi sudah kita serahkan kepada kampus. Dan akan menjadi pertimbangan kampus. Diprioritaskan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu. Tapi tetap didukung dari nilai yang diperoleh saat mengikuti ujian seleksi,” tambahnya.

Baca juga  Kebijakan Zero ODOL Dinanti Pemprov Riau

Seleksi Tes Potensi Akademik (TPA) yang memperebutkan beasiswa program pemerintah daerah telah sampai pada hari terakhir. Seleksi dimulai pada Senin 8 Juni dan berakhir pada Rabu 10 Juni. Ada 106 orang perserta calon penerima beasiswa yang telah ikut seleksi diantaranya di bidang pariwisata sebanyak 47 orang, bidang kedokteran 29 orang dan bidang keagamaan 30 orang, total 106 orang.

Sementara itu, beasiswa penuh untuk bidang kedokteran sebanyak 5 kuota, pariwisata 10 kuota dan bidang keagamaan 10 kuota.

*Fitra

jasa website rumah theme

Pos terkait