Dinas PU Anambas Kerja Keras Cari Sumber Air Menjelang Normalisasi Waduk Selesai

  • Whatsapp
Foto: Isa Hendra Pakai Peci saat berupaya menyedot air

Foto: Isa Hendra Pakai Peci saat berupaya menyedot air

Anambas, Metrosidik.co.id–Sumber pelayanan kebutuhan air bersih bagi warga Tarempa dialihkan sementara di sungai di Desa Temburun. Pengalihan sumber air ini dilakukan dalam rangka proses normalisasi waduk Gunung Samak di Desa Rintis. Diketahui, saat ini pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) sedang membangun dua sumber air yakni pembangunan Embung Gunung Lintang di Desa Temburun dan pengerjaan normalisasi waduk Gunung Samak di Desa Rintis.

Terpantau media ini, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPRPR KKA Isa Hendra, bersama rekannya sedang berupaya mencari alternatif ketersediaan sumber air bersih saat kedua sumber air sedang dilakukan pembangunan. Isa menyebut, selain adanya kegiatan normalisasi waduk, ketersediaan debet air mulai menurun.

“Saat ini kami menyuplai kebetuhan air kepada warga dengan memanfaatkan sumber mata air yang ada di gunung Meranti. Penyalurannya dilakukan dengan cara diangkut menggunakan mobil untuk selanjutnya dibagikan ke warga,” sebutnya, Kamis, 15 Agustus 2019.

Isa juga menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih tidak cukup dengan cara mengangkut air menggunakan mobil. Menurut nya, perlu ada upaya lain. “Saat ini kami mencoba menyedot sumber air yang berasal dari sungai yang di Temburun untuk selanjutnya akan dialirkan melalui pipa 3 inci ke Bak WTP 1. Mudah-mudahan ini bisa disedot. Saat ini sedang kita upayakan,” jelas nya.

Jika upaya ini berhasil, dikatakan Isa, penyaluran air bersih dapat mempersingkat waktu dan jarak tempuh dari sumber air sepanjang 2 kilo meter. Selanjutnya kekurangannya dapat dibantu dengan menggunakan mobil.

Dilokasi terlihat beberpa mobil dari Dinas PUPRPR dan Truk dari Dinas Sosial yang bolak-balik mendistribusikan air kepada warga. Setiap hari nya mobil ini mengangkut air sekitar 20 ton yang dibagikan kepada warga.

Baca juga  Dua Band Lokal Mengiringi Aulia D Academia di FPP Palmatak

Dilanjutkan Isa, meskipun saat ini Dinamo mesi pompa air milik SPAM di WTP 1 dalam keadaan rusak, pihaknya mengunakan mesin diesel sebagai mesin pengganti sementara.
“Kedua Mesin pompa yang rusak itu telah selesai dilakukan perbaikan. Rencananya mesin akan tiba pada hari Jum’at mendatang dari Tanjungpinang,” lanjut nya.

*Fitra

jasa website rumah theme


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait