2 Parameter yang Digunakan BPOM RI Dalam Menilai Khasiat Vaksin COVID-19

Pekerja membawa masuk vaksin COVID-19 produksi Sinovac setelah diturunkan dari truk pengawalan polisi di Surabaya pada Senin (4/1/2021). Pemerintah mulai mendistribusikan 3 juta dosis vaksin Covid-19 asal perusahaan China, Sinovac, ke 34 provinsi Indonesia. (Photo by Juni Kriswanto / AFP)

JAKARTA — Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) menyatakan bahwa keamanan merupakan hal yang sangat penting untuk dipastikan sebelum vaksin COVID-19 diedarkan. Saat ini yang sudah ada di Indonesia adalah vaksin buatan Sinovac dari China.

Juru Bicara Vaksin COVID-19 di Indonesia dari BPOM RI, Dr dra Lucia Rizka Andalusia MPharm Apt, mengatakan, keamanan vaksin Corona dipantau secara periodik pada subjek uji klinis, yaitu 30 menit setelah penyuntikan, dan dipantau secara ketat setiap harinya sampai 14 hari pertama.

Pemantauan terus berlanjut hingga tiga dan enam bulan setelah penyuntikan vaksin COVID-19.

Terkait perkembangan persetujuan pemberian vaksin COVID-19 atau emergency use of authorization (EUA) atau penggunaan kedaruratan pada vaksin Corona, BPOM melakukan rolling submittion.

“Di mana data yang dimiliki industri farmasi dapat disampaikan secara bertahap,” kata Lucia dalam keterangan pers yang disiarkan secara langsung di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Senin sore, 4 Januari 2021.

BPOM, lanjut Lucia, telah melakukan evaluasi terhadap data uji pre-klinis dan uji klinis fase I dan fase II guna menilai keamanan dan respons imun yang dihasilkan dari penggunaan vaksin COVID-19.

Juga hasil uji klinis fase III yang dipantau dalam periode satu bulan setelah pemberian suntikan kedua.

“Tentunya sesuai dengan persyaratan dari WHO, minimal pengamatan harus dilakukan sampai tiga bulan untuk interim analisis yang digunakan untuk mendapatkan data keamanan dan khasiat vaksin sebagai data pendukung pemberian UEA,” kata Lucia.

Sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pula khasiat vaksin COVID-19 harus dibuktikan dengan beberapa parameter yang harus dipenuhi.

 

jasa website rumah theme
Baca juga  Kemenkes Ungkap Dampak Bila Target Vaksinasi Covid-19 Tak Tercapai di 2022

Pos terkait