KM Bukit Raya Kandas, Bupati Natuna Tinjau ke Lokasi Kejadian

  • Whatsapp

NATUNA-METROSIDIK.CO.ID|Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, tinjau Kapal Motor (KM) Bukit Raya yang kandas di Karang Neneh, Perairan Pulau Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, Sabtu, 19 Mei 2018.

KM. Bukit Raya kandas ketika sedang berlayar dari Tarempa, Anambas, tujuan Pelabuhan Selat Lampa, Jumat, 18 Mei 2018. Tepat pukul 08.00 pagi, Bupati Natuna bertolak dari Pelabuhan Penagi menggunakan Motor Vessel (MV) Indra Perkasa 159, menuju lokasi kejadian kandasnya KM. Bukit Raya.

Kapten KM. Bukit Raya, Noviansyah, mengatakan kebocoran Bukit Raya terjadi sekitar pukul 12.15 WIB, agar tidak terjadi kepanikan oleh penumpang, ABK kapal melalui Kapten langsung menghubungi Danposal Sabang Mawang.

“Kebocoran terjadi disebelah kiri depan kapal, dan pada air surut. ” Kata Noviansyah saat Bupati Natuna meninjau KM. Bukit Raya.

Noviansyah menjelaskan, untuk keadaan kapal dalam kondisi aman, baik mesin maupun alat – alat kapal lainnya tidak mengalami masalah.

Sekarang pihaknya sedang menunggu bantuan penyelaman dari Basarnas Natuna untuk mengecek kondisi kebocoran kapal, sebelum melakukan pengelasan atau perbaikan.

“jika sudah dilakukan penyelaman, kita tinggal melaksanakan pengerjaan pengelasan, kira-kira kurang lebih satu hari pengerjaan, ujarnya. ”

Noviansyah menerangkan, setelah pengerjaan perbaikan selesai, KM. Bukit Raya akan langsung berangkat ke Jakarta untuk melakukan perbaikan lagi, sementara Kapal akan di DOK darurat sekitar seminggu kemudian akan melayani pelayaran seperti biasa.

Jumlah penumpang yang dievakuasi berjumlah 238 orang penumpang dengan dibantu oleh armada KP Hiu-04,dua unit Sea Rider Lanal Ranai, Kabupaten C3-1001 Satpolairud Polres Natuna, dua armada, speedboat dan kapal kayu milik pengusaha Nato, serta beberapa pompong nelayan setempat.

Dalam sambutanya, Hamid mengharapkan agar KM. Bukit Raya dapat segera melakukan perbaikan, melakukan DOK di Jakarta dan dapat melayani lebaran (Mudik) khususnya Kabupaten Natuna dan Anambas.

Baca juga  Resmikan Gerbang Geosite Batu Kasah, Wabup Rodhial Kembali Terima CSR SKK Migas
Foto Saat Evakuasi Penumpang KM. Bukit Raya

Hamid menambahkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Natuna sudah membuat surat kepada PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dan Kementerian Perhubungan untuk segera mencari pengganti KM. Bukit Raya, apabila belum bisa beroperasi.

“Mengingat sebentar lagi lebaran, Ujar Hamid saat di wawancara di MV Indra Perkasa 159. ”

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Iskandar DJ, mengatakan, dirinya sudah berkoordinasi dengan pihak PT Pelni, dan syahbandar mengenai pengangkutan penumpang, tiket, dengan penginapan penumpang dengan tujuan Midai, Serasan, dan Pontianak di tanggung oleh pihak PT Pelni.

“Alhamdulillah sebagian penumpang tujuan Midai sudah diberangkatkan hari ini, sedangkan untuk tujuan Serasan dan Pontianak Provinsi Kalimantan Barat diberangkatkan besok (Minggu) menggunakan sabuk kalimas, terangnya. ”

Hadir dalam peninjauan tersebut, Sekretaris Daerah, Wan Siswandi, Kepala Dinas Perhubungan, Iskandar DJ, Kepala Bagian Humas, Budi Dharma, beserta Perangkat Organisasi Dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Natuna.

Laporan : Mon

jasa website rumah theme


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait