Ini Upaya Dinkes Cegah Virus Corona Masuk Ke Anambas


Anambas, metrosidik.co.id–Penyebaran Virus Corona yang sudah menembus Indonesia kini menjadi perhatian serius bagi pemerintah. Langkah pencegahan pun dilakukan oleh setiap pemerintah daerah. Seperti hal nya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), harus segera mengambil langkah cepat untuk mencegah masuk nya corona di bumi “Langkah Sepijak Kayuh Serentak”. Terlebih Kabupaten Kepulauan Anambas, merupakan daerah perbatasan dan pintu terdepan NKRI di Asia Tenggara.

Herianto kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Kepulauan Anambas, menerangkan kepada metrosidik, pencegahan penyebaran Virus Corona pihak nya akan segera melaksanakan rapat koordinasi dengan instansi terkait untuk mengambil langkah mencegah penyebaran virus. Keluar masuknya warga melalui beberapa transportasi, menjadi pehatian pihaknya.

“Kalau warga yang masuk ke Anambas melalui jalur penerbangan kita tidak khawatir. Karena di bandara mereka sudah dicek. Tetapi, bagi penumpang yang menggunakan transportasi laut ini perlu kita lakukan pemeriksaan,” terang dia.

Untuk saat ini, dikatakannya, Dinkes KKA telah menyampaikan surat himbauan kepada setiap UPT Puskesmas, se- Kabupaten Kepulauan Anambas guna memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk hidup sehat dan terhindar dari infeksi virus Corona.

“Hari ini kita telah menyampaikan surat himbauan. Masyarakat baiknya menggunakan masker di tempat keramaian. Bagi yang batuk dan flu harus menggunakan masker. Sebenarnya bukan yang sehat menggunakan masker,” kata Heri.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian penyakit, Baban Subhan, mengatakan sebelumnya pihak nya telah melakukan upaya pemeriksaan kepada setiap penumpang yang datang menggunakan kapal dan ferri di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Saat menjelang Imlek lalu kita sudah melakukan pemeriksaan pada setiap penumpang kapal dan ferri. Nah, sekarang kabarnya di Tanjungpinang sudah ada yang terinfeksi, tetapi mereka kan belum positif terinfeksi Virus Corona. Kita juga segera mengambil langkah pencegahan penyebaran Virus Corona masuk ke Anambas,” sebutnya.

Baca juga  Kedatangan Lima Warga Asing di Tarempa ini Ternyata Utusan

*Fitra

jasa website rumah theme

Pos terkait