Kepala Balitbangpeda-Anambas Dorong Pelaksanan Program PUG

  • Whatsapp

Anambas, metrosidik.co.id – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas(KKA) meningkatkan Program Pengarusutamaan Gender (PUG), dengan pembangunan berkeadilan yang melibatkan setiap stakeholder dan elemen masyarakat.

“PUG itu bukan program khusus untuk perempuan, tetapi semuanya. Hal ini dilakukan agar pembangunan berkeadilan, ” Sebut Adies Saputra, Kepala Balitbangpeda, di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan ( BPSM), Tarempa. Rabu, 27 Nopember 2019 usai menghadiri HUT Korpri ke 48 tahun.

Dikatakannya, tahapan awal program tersebut dimulai dengan memberikan pemahaman kepada para pemangku, para perencanaan setiap OPD masing – masing di Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, agar program tersebut memilki sentivitas dan respon yang baik.

“Untuk target kedepan, sebagaimana arahan dari pemerintah provinsi, pemerintah daerah berkomitmen agar tahun depan menjadi salah satu kabupaten yang diakui dan sudah melaksanakan perencanaan dan anggaran program Pengarusutamaam Gender (PUG),” tambah dia.

Yang menjadi sasaran dalam pembangunan yang berkeadilan dengan keseimbangan PUG di Kabupaten Kepulauan Anambas, dikatakannya antara lain, perempuan, pria, anak – anak, lansia dan disabilitas.

Pengarusutamaan gender atau disingkat PUG adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistimatis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia (rumah tangga, masyarakat dan negara), melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program diberbagai bidang kehidupan dan pembangunan.(wikipedia).

Laporan : Fai

jasa website rumah theme
Baca juga  Terkait Pembongkaran Rumah Dosen, Rektor Universitas Andalas Dilaporkan ke Polisi


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait