Inovasi Dinas Kesehatan KKA Untuk Menjangkau Masyarakat Terpencil

  • Whatsapp

Anambas, Metrosidik.co.id – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kepulauan Anambas, melakukan kegiatan pelayanan kesehatan pada daerah sulit dan terpencil di Kecamatan Jemaja Barat. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengatasi kesediaan tenaga kesehatan yang masih terbatas.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini penyakit sehingga masyarakat tahu penyakit yang di derita, dengan harapan setelah tahu mereka mengontrol kesehatannya di fasilitas kesehatan terdekat.

Saat Kegiatan Pelayanan Kesehatan

Kegiatan ini sudah berlangsung selama 2 tahun sebagai komitmen pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Saat ini pelaksanaan kegiatan tersebut di Desa Keramut Kecamatan Jemaja Barat.

“Dari kegiatan tersebut masalah kesehatan yang ditemukan di masyarakat setempat yaitu hipertensi, asam urat, gejala penyakit jantung, kasus strok sebanyak 2 orang, kasus gula darah tinggi sebanyak 5 orang dan magh serta lainnya.” Sebut Islam Malik, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinkes-Anambas. Kamis, 3 Oktober 2019.

“Harapan kami mengingat kegiatan ini sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan maka diharapkan kegiatan ini dapat dilanjutkan pada tahun – tahun depan,” tambahya.

Ia menjelaskan respon dari Kepala Desa Keramut saat kegiatan berlangsung. “Markos Kepala Desa sangat menyambut baik kegiatan ini. Pemeriksaan yang dilakukan adalah deteksi dini penderita hipertensi, kolesterol, asam urat, gula darah dan kadar darah merah serta pelayanan kesehatan secara umum,” terang dia.

Kegiatan ini diikuti tim tenaga kesehatan berjumlah 17 orang terdiri dari dokter, perawat, bidan, analis, apoteker Dinkes dan Puskesmas Jemaja.

Laporan: Fai

jasa website rumah theme
Baca juga  Penyampaian Laporan Pelaksanaan Izin Lingkungan Dan CSR Konsorsium Migas di Anambas


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait