Panen Raya Cengkeh di Anambas Menarik Perhatian Pemanjat

  • Whatsapp

Foto Ilustrasi

Anambas, Metrosidik.co id–Saat ini masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas sedang menghadapi panen Cengkeh. Panen Cengkeh kali ini termasuk masa panen terbesar dibandingkan pada masa panen beberapa tahun terakhir.

Panen raya kali ini menarik perhatian bagi beberapa masyarakat, baik di daerah setempat, hingga luar daerah untuk mengambil kesempatan sebagai pemetik atau biasa disebut pemanjat Cengkeh.

Untuk upah panjat batang Cengkeh, satu kilo nya di hargai sebesar Rp,8000. Satu kilo Cengkeh di timbang dalam keadaan basah dan bertangkai.

Ujang salah satu pemanjat Cengkeh yang berasal dari Kabupaten Natuna ini menceritakan kepada Metrosodik, jika dirinya mampu mengambil Cengkeh sebanyak 40 hingga 45 kilo dalam satu hari. “Kalau Cengkehnya lebat, dapat sekitar 45 kilo se hari, itu jika sudah biasa manjat bg, kalau belum, biasanya dapat paling sekitar 25 kilo,” cetusnya akhir pekan lalu.

Selain pemanjat Cengkeh, sebelumnya Ujang berprofesi sebagai penyelam Tripang di Pulau Laut, Natuna. Selama di Anambas, ia sudah beberapa kali pindah lokasi untuk mencari pohon Cengkeh yang lebat. Menurutnya, ia akan rugi jika memanjat pohon cengkeh yang tidak banyak buahnya.

“Kemarin saya memanjat di daerah Rintis, di sana buah nya tidak lebat, satu hari saya hanya bisa mengambil Cengkeh sebanyak 15 kilo, sekarang saya pindah ke Desa Tebang di sana lebat. Sekarang saya dapat menghasilkan sekitar 400 ribu per hari, dan itu pendapatan bersih, biaya makan sehari-hari di tanggung oleh pemilik Cengkeh,” tuturnya.

Pemanjat Cengkeh di Kabupaten Kepulauan Anambas banyak berasal dari luar daerah seperti, Kabupaten Natuna. Bahkan infromasi yang diperoleh media ini pemanjat Cengkeh ada yang berasal dari Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Baca juga  Seleksi Beasiswa Penuh di Anambas Terkesan Tertutup

Harga satu kilo Cengkeh kering di Anambas, saat ini kisaran Rp,85.000, dan harga tangkai Cengkeh kering kisaran Rp, 5000.

Informasi dari Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan (DP3) Kabupaten Kepulauan Anambas, saat ini keseluruhan panen Cengkeh se-Kabupaten Kepulauan Anambas diperkirakan mencapai 500 ton Cengkeh kering pada tahun ini.

* Fitra

jasa website rumah theme


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait