Pasien di Rawat, Kartu Natuna Sehat tidak Berlaku di Anambas

  • Whatsapp

Anambas, Metrosidik.coid– Program Jaminan Kesehatan tidak dapat di pandang sebelah mata, jaminan kesehatan sangat diperlukan ketika kita jatuh sakit atau kecelakaan. Bak pepatah, sediakan “Payung” sebelum hujan.

Seperti hal nya Urai Abdullah (62) warga Serasan Kabupaten Natuna, jatuh sakit saat mengunjungi keluarga di Kabupaten Kepulauan Anambas. Urai Abdullah terpaksa di rawat di Rumah Sakit umum Tarempa untuk selanjutnya dirujuk ke RS Lapangan di Kecamatan Palmatak karena menderita penyakit Susp CKD dengan Edema Anasara + Anemia.

Hanya berbekal kartu Natuna Sehat dari program jaminan kesehatan Pemda Natuna, Urai Abdullah terpaksa masuk rumah sakit dengan peserta pasien umum. Artinya, jaminan kesehatan dari Pemda Natuna itu tidak berlaku di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Rizal Rinaldi. Menurutnya, program jaminan kesehatan Natuna Sehat hanya berlaku pada rumah sakit yang sudah berkerjasama dengan pihak pemerintah daerah Natuna melalui MoU.

“Pogram Kartu Natuna sehat bekerjasama dengan rumah sakit di beberapa daerah seperti di Tanjungpinang, Batam, Pekanbaru, Jakarta bahkan Pontianak. Kita Pemda Natuna tidak bekerjasama dengan rumah sakit ditingkat level yang sama, seperti di Kabupaten Kepulauan Anambas,” kata Rizal saat dihubungi Metrosidik Sabtu, 21/12/18.

Terkait kelanjutan biaya pengobatan salah satu warga Natuna yang saat ini sedang dirawat di RS Palmatak, Rizal mengarahkan untuk menghubungi Kepala Bidang (Kabid) pelayanan kesehatan.

Musmulyadi Kabid Pelayanan Kesehatan Natuna saat dihubungi menyampaikan, Kartu Natuna sehat belum terintegrasi dengan BPJS Kesehatan sehingga kartu Natuna sehat hanya berlaku di rumah sakit yang sudah ada MoU saja.

” Saat ini ada sekitar 5000 peserta yang masuk di program Natuna Sehat dan 5000 itu insyallah akan terintegrasi ke BPJS Kesehatan pada tahun 2019 mendatang. Jika pasien dari Natuna itu dirujuk keluar daerah seperti Tanjungpinang dapat di tanggung oleh program Natuna Sehat, meskipun dirujuk dari RS Anambas ” ujarnya.

Baca juga  Pengawas Excavator di Payalaman Terlindas

Dilain hal, beliau akan mencoba menyampaikan kembali kepada pimpinan mengingat Natuna dan Anambas masih serumpun ibarat kakak adik untuk mencarikan solusi permasalahan yang menimpa salah satu warganya yang saat ini sedang dirawat di Anambas.

Ia menegaskan untuk membantu beban biaya yang ditimbulkan dari perawatan di Anambas melalui anggaran program Natuna Sehat tidak mungkin dapat dilakukan.

*Fitra

jasa website rumah theme


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait