JAKARTA, METROSIDIK.CO.ID — Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki berkolaborasi dengan para internet marketer untuk membantu UMKM go digital. Dengan begitu UMKM bisa memasarkan dan mempromosikan produknya secara digital.
Hanya saja, kata ia, dirinya memerluka bantuan pasokan data dari pelaku internet marketer. Hal ini untuk melihat mana saja produk yang dibutuhkan masyarakat.
“Kita juga butuh dibuatkan aplikasi untuk menangkap demand. Bukan hanya jenis produk tapi juga harganya,” kata dia dalam acara Indonesia Digital Meetup (IDM) 2022 di Gedung Smesco, Kamis (1/9/2022).
Ia menambahkan, UMKM masih membutuhkan inovasi seperti aplikasi yang menunjang dalam mempromosikan produknya. Terbukti saat pandemi, KemenKopUKM menyelenggarakan Pahlawan Digital Award yang menjaring 30 pengembang aplikasi baru, inovasi anak muda ini membantu UMKM jualan secara online.
“Target kami, sekecil apapun produk UMKM harus bisa dijual secara online. Dan masuk ke ekosistem digital,” ucapnya.