Demonstrasi Palapa Ring Barat di Anambas di Hadiri MENKOMINFO RI

  • Whatsapp

 

Anambas-METROSIDIK.CO.ID | Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris beserta Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra melakukan penjemputan kedatangan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Rudiantara, Senin (26/3) di Bandara Matak. Kedatangan Rudiantara di kabupaten kepulauan Anambas dalam rangka Demonstrasi Palapa Ring Barat di Anambas.

Akses telekomunikasi melalui fiber optik Palapa Ring Barat (PRB) yang melintasi Batam Anambas dan Natuna sudah siap beroperasi. Perangkat NOC yang ada tersebut tidak terlalu besar namun memori didalamnya memiliki kapasitas hingga 100 Giga. Jadi jika masing-masing pengguna hanya 2 giga, maka dapat melayani sekitar 50 ribu pelanggan. Namun untuk tahap awal ini baru dipakai 10 giga dulu.

Foto Bersama Pemkab Anambas Menyambut Kedatangan Menteri KOMINFO di Bandara Matak

Dalam kesempatan itu, Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, telah memberikan pemahaman mengenai geografis Anambas dan beberapa persoalan yang masih menjadi kekurangan di Kabupaten Kepulauan Anambas. Termasuk akses internet yang sangat lemah. “Kalau kita kirim foto lewat WA berputar-putar sampai 100 kali juga belum sampai,” ungkapnya dihadapan Menkominfo Rudiantara kemarin.

Bupati juga menyampaikan bahwa di Kabupaten Kepulauan Anambas sendiri sudah memiliki 76 Titik Akses Internet.

“Kabupaten Kepulauan Anambas saat ini sudah terdapat 23 tower reguler, Tower USO tahun 2017 sebanyak 7 unit dimana 6 nya sudah aktif”, Tambahnya

Selain itu, Abdul Haris mengucapkan terimaksih atas terealisasinya usulan yang disampaikan Pemkab Anambas kepada pemerintah pusat.

“Terima kasih atas terealisasinya usulan dari Kabupaten Kepulauan Anambas, harapan 2019 atau 2020 agar internet lebih cepat dan jaringan telekomunikasi lebih baik terutama di pelayanan publik seperti dunia pendidikan, kesehatan dan pariwisata, dan lainnya.”, ucap Bupati.

Rudiantara berjanji pemerataan akses internet terwujud pada tahun 2019 mendatang. Ia juga menegaskan, kunjungannya ke Anambas ini bukan peresmian tapi memperjelas nawacita Presiden ke-7 Republik Indonesia Jokowidodo, yang membangun Indonesia dari daerah pinggiran. “Sekali lagi bahwa kunjungan ini bukan peresmian,” tegasnya ketika memberikan sambutan di NOC Palapa Ring Barat yang berlokasi di Tarempa kemarin.

Baca juga  Diparbud Anambas Siap Menerima Kedatangan Wisata Asing

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah, Kapolres Anambas, Kacabjari, Perwira Penghubung, Danlanal Tarempa, Kepala Dinas Kominfo, Sekcam Palmatak, Lembaga Adat Melayu, dan Perwakilan dari Metco.

Editor: Fitra
Rilis: (HumProKKA)

jasa website rumah theme


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait