Inspektorat Anambas Audit Belasan Pemerintah Desa Beserta OPD di Tahun 2020


Anambas, metrosidik.co.id–Tahun 2020 ini Inspektorat Kabupaten Kepulauan Anambas akan melakukan pengawasan pada Pemerintah Desa dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sebanyak 15 pemerintah desa dan 5 OPD ini akan menjadi sampel oleh inspektorat.

Andyguna K Hasibuan, selaku Inspektur Bidang I Pembangunan dan Investigasi Kabupaten Kepulauan Anambas, menyebut, tidak semua pemerintah desa maupun OPD itu dapat diaudit dalam setahun.

“Dengan kondisi luas wilayah, ada 52 desa, maka setiap tahun kami, belum mampu, belum bisa, memasuki 52 Desa itu,” sebutnya kepada wartawan. Selasa (30/6/2020).

Selain karena geografis daerah yang terdiri dari kepulauan, keterbatasan sumber daya manusia juga menjadi faktor penghambat.

“Pengawasan ini sangat penting dilakukan, namun Inspektorat Kabupaten Kepulauan Anambas dalam pengawasan itu masih terbatas di SDM yang membidangi auditor,” katanya.

“Sesuai dengan kemampuan inspektorat, dalam satu tahun itu kita lakukan audit berkisar antara 10 atau 15 desa dan 5 OPD,” tambah dia.

Menurutnya, Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan pelaksanaan pengawasan yang efesien dan efektif dan mendukung capaian kinerja Inspektorat. (Red)

Editor: Fitra

jasa website rumah theme
Baca juga  Tersorot Kamera Wartawan, ASN di Tanggamus Ini Memberikan Ancaman

Pos terkait