Disdik Provinsi Riau Gelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional

  • Whatsapp
Penampilan Seni dari Siswa SMKN 1 Bangkinang

Kampar, Metrosidik.co.id–Guna meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya belajar, berkarya, dan mengembangkan potensi diri, serta sikap kompetetif bagi pelajar. Dinas Pendidikan (Disdik) Propinsi Riau menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMK Kabupaten Kampar.

Hal itu disampaikan Tarmizi, S.H, selaku Kepala Cabang (Kacab) Dinas Pendidikan Propinsi Riau kepada awak media mengatakan, “Ini adalah salah satu agenda rutin Dinas Pendidikan Provinsi Riau yang sudah diatur oleh pemerintah pusat sampai ke Kabupaten dengan berbagai perlombaan. Diantaranya adalah O2SN, OSN, dan FLS2N. Lomba–lomba ini adalah agenda rutin yang setiap tahunnya dilaksanakan, dimulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional,” terangnya. Selasa, 25 Juni 2019.

Selanjutnya dijelaskan Tarmizi, “Untuk di Kabupaten Kampar tahun ini kita melaksanakan semua kegiatan dijenjang SMA dan SMK. Untuk O2SN tingkat SMA sudah selesai dilaksanakan, tapi FLS2N belum. Kalau di SMK O2SN sudah, FLS2N baru berlangsung sekarang. Ini adalah agenda rutin yang anggarannya dari pusat dilimpahkan ke Provinsi, dan Kabupaten. Ini adalah budaya untuk menjaring anak–anak kita yang berprestasi yang akan kita ikutkan untuk mewakili Kabupaten ke Provinsi, dari Provinsi ke tingkat Nasional,” tambahnya.

“Sementara itu, untuk Provinsi pertengahan bulan Juli mendatang, inilah awalan gambaran secara singkat tentang lomba–lomba yang akan dilaksanakan. Kalau menurut pantauan saya hari ini, dari tahun ke tahun meningkat. Baik dari sisi jumlah sekolah yang ikut, maupun dari sisi penambahan jumlah perlombaannya. Baik SMA dan SMK ini sudah meningkat jumlah peserta dan jumlah cabang yang diperlombakan,” lanjutnya.

Masih Tarmizi, “Kita berharap untuk tahun–tahun kedepannya, sesuai standar nasional kita akan mengikuti semua lomba yang ada. Untuk tahun ini saya melihat khusus SMK, ini agak berubah total secara signifikan. Baik penampilan Siswa/i, perlombaan yang dilombakan. Ini membuat saya bangga, dan kita berharap kedepan seluruh sekolah bisa ikut terlibat. Memang ada beberapa sekolah yang kondisinya agak sedikit berjauhan, jadi inilah sebagian besar sudah ikut,” ucap Tarmizi.

Baca juga  Jelang Idul Fitri Warga Tanjungpinang mulai berburu barang diskon

Lebih lanjut ditambahkan Ketua MKKS SMK Kabupaten Kampar, Djunaidi M.P.d, kepada awak media di ruangan kerjanya. “Dalam rangka acara Nasional, tetapi ini tingkat Kabupaten, Festival lomba Seni Siswa/i Nasional tingkat Kabupaten Kampar. Mana yang dari pemenang disini nanti, itu jadi utusan Kabupaten Kampar ke tingkat Provinsi untuk kelompok SMK,” sebutnya.

“Jadi Siswa/i ini kita undang dari semua sekolah untuk berpatisifasi, dan ini juga dijadikan Siswa/i untuk ajang memperlihatkan bakat. Kemudian dari sini juga harapan kita nanti, bahwasannya sekolah itu tidak pengetahuan saja. Tetapi juga mengungkap dan mengeksplor talen– talen atau potensi, serta bakat dari siswa itu sendiri,” tambahnya.

Ia berharap, dengan kegiatan ini, semangat belajar Siswa/i semakin bertambah.

Menurut pantauan awak media di lapangan, acara Festival Lomba Seni Siswa Nasional SMK tingkat Kabupaten Kampar tahun 2019 ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bangkinang. Dihadiri oleh Kacab Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Tarmizi S.H, Staf Dinas Pendikan Provinsi Riau, Ketua MKKS SMK Kabupaten Kampar, Djunaidi M.P.d, beserta seluruh pengurus MKKS SMK Kabupaten Kampar, para Kepala Sekolah Negeri dan Swasta SMK Kabupaten Kampar, dan semua Dewan Juri.

Berikut daftar pemenang FLS2N SMK Tingkat Kabupaten Kampar Tahun 2019 tersebut :

Bidang Lomba Vokal Penyanyi Solo.

  1. SMKN 1 Kuok
  2. SMKN 1 Bangkinang Kota.

Bidang Lomba Tari.

  1. SMKN 1 bangkinang Kota. 2. SMKN Kuok.
  2. SMKN Kesper.

Bidang Lomba Film Pendek.

1.SMKN 1 Kuok
2. SMK Kesper
3. SMKN 1 Bangkot

Bidang Lomba Theater.

  1. SKMN 1 Bangkot
  2. SMKN 13 Koto Kampar
  3. SMK Global Candiko.

Bidang Lomba Gitar Klasik.

1.SMKN 1 Kuok.
2 SMKN 1 Bangkinang Kota.

Bidang Lomba Musik Tradisi Daerah.

1.SMKN 1 Bangkinang Kota.
2.SMKN 1 Tapung Hulu.
3. SMKN 1 Kuok.

Baca juga  TNI AU Gelar Acara Pelangi Nusantara di Batam

Laporan: Irfan

jasa website rumah theme


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait