Propinsi Kepri Berikan 10 Ton Bibit Rumput Laut Kepada Kelompok Budidaya di Anambas

  • Whatsapp

Foto: Kepala Dinas DP3 KKA Efi Sjuhairi

Anambas, Metrosidik.co.id–Pemerintah Propinsi Kepulauan Riau( Kepri) akan berikan bantuan bibit Rumput Laut di tahun 2019 Sekitar 10 ton bibit rumput laut itu akan diberikan kepada empat kelompok di Desa Batu Belah Kecamatan Siantan Timur Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA). Rencana bantuan bibit dari propinsi Kepri itu disampaikan oleh kepada Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan (DP3) Efi Sjuhairi kepada Metrosidik, Senin, 28/01/19.

Menurutnya, pembudidayaan rumput laut akan dilakukan inovasi seperti memperoduksi kuliner-kuliner berbasis home industri untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. “Hasil dari budidaya rumput laut nantinya akan dilanjutkan dengan pengolahannya menjadi kuliner seperti Selai, Sosis dan Mie yang berasal dari rumput laut,” kata dia.

Sebelumnya, Dinas P3 ini pernah memberikan bantuan bibit rumput laut di tahun 2015 dan 2016 kepada empat kelompok pembudidaya. Kurangnya pengelolaan rumput laut oleh kelompok di ketika itu membuat program tersebut terhenti.

Gagalnya pembudidayaan rumput laut beberapa waktu lalu ditanggapi oleh Defrian selaku Kepala Bidang Pembudidayaan Ikan DP3. Menurutnya harga rumput ditahun 2016 mengalami penurunan. “Harga turun mencapai Rp, 3000 /kg dari harga sebelumnya kisaran Rp 10.000 /kg sehingga pelaku budidaya memberhentikan kegiatannya,” jelas Defrian.

Untuk di tahun 2019 Defrian sudah mengatasi persoalan turunnya harga rumput laut. “Kami sudah berkoordinasi dengan Disperindagkop untuk pemasaran dalam bentuk kuliner dan kepastian harga rumput laut kami telah berkoodinasi dengan salah satu asosiasi rumput laut di Jakarta yakni asiosiasi rumput laut center mereka menyebutkan harga rumput laut sungguh baik hingga mencapai Rp, 15.000/kg kering bahkan bisa lebih,” jelasnya.

Defrian menambahkan, 10 ton bibit rumput laut membutuhkan 4 hektar lahan, 1 hektar menghasilkan 4 tone rumput laut kering dengan siklus 45 sampai 60 hari dan target pencapaian program ini menghasilkan 16 ton rumput laut kering.

Baca juga  Tahun ini Pemkab-Anambas Tidak Bayarkan Gaji ASN Terpidana Korupsi

* Fitra

jasa website rumah theme


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait