Bakesbangpol-Anambas Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula

  • Whatsapp

Foto: Kepala Badan Bakesbangpol KKA, Ekodesi

Anambas, Metrosidik.co.id–Persiapan menghadapi pemilu kedepan yang akan digelar pada tanggal 17 April 2019 mendatang perlu menjadi perhatian semua pihak.Pasalnya, pemilu yang akan dilaksanakan secara serentak ini menjadi momentum perubahan tatanan pemerintahan mulai dari kepala negara Presiden dan anggota legislatif diberbagai tingkatan.

Ada lima hak suara yang bakal diberikan oleh rakyat dalam pemilu kali ini, yakni hak suara untuk memilih Presiden dan wakil presiden, DPR RI,DPD,DPRD propinsi serta DPRD tingkat kabupaten.

Mendorong pemilih pemula sebagai regenerasi untuk memberikan hak suaranya menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan oleh pihak-pihak penyelenggara pemilu dan instansi pemerintah. Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah (Bakesbangpol) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) dalam hal ini melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan partispasi pemilih pemula di segala lapisan masyarakat dan kalangan pelajar yang sudah memenuhi persyaratan untuk menggunakan hak pilih.

Kepala Bakesbangpol KKA Ekodesi mengatakan, pihaknya telah melaksanakan kegiatan sosialisasi untuk pemilu kedepan baik di masyarakat hingga ke sekolah-sekolah. “Menjaga stabilitas dan memberikan pembelajaran kepada masyarakat tentang pemilu dan mensosialisasikan undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu,” jelasnya Senin, 28/01/19.

Disamping menjaga stabilitas pemilu menurut Ekodesi peran pemilih pemula sangat potensial untuk ikut berpartisipasi dalam menggunakan hak suaranya.”Bakesbangpol telah melakukan sosialisasi di kalangan pelajar dengan mendatangi sekolah seperti Sekolah Menengah Atas (SMA). Tahun 2018 kita mendapat alokasi dana sosilaisasi di dua kecamatan diantaranya Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur.

Dirinya menambahkan, di tahun 2019 ini pihaknya memperoleh anggaran sosialisasi untuk pemilu di 5 kecamatan.”Kegiatan untuk di 5 kecamatan ini akan dilakukan di bulan Februari yang akan di ikuti oleh pihak KPU, Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan serta bagian hukum pemerintah Anambas,” kata dia.

Baca juga  Penderita TBC di Anambas Meningkat, Ini Cara Mencegah dan Mengobatinya

Untuk jumlah pemilih pemula dikalangan pelajar saat ini pihak Bakesbangpol belum memiliki data pasti. Namun pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk mengetahui jumlah pelajar yang telah memenuhi sayarat untuk menggunakan hak pilih di pemilu 2019 mendatang.

* Fitra

jasa website rumah theme


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait