Bupati Anambas Perhatikan Kehidupan Para Petani


ANAMBAS-METROSIDIK.CO.ID-Lahan untuk pertanian diwilayah Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur Kabupaten Kepulauan Anamba sangat potensial, untuk itu pemerintah daerah setempat terus mendorong masyarakat agar memiliki motivasi dan semangat dalam upaya pemanfaatan lahan pertanian sebagai dasar peningkatan ekonomi.

Foto: Bupati Anambas Saat Menanam Bibit Padi

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris Kamis (8/11) bersama tim ahli dari Universitas Riau (UNRI) mengunjungi lahan pertanian yang berada di Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur. Disana ia juga membagikan sejumlah bantuan kepada beberapa kelompok diantaranya, untuk peternak ikan Lele diberikan bibit Lele kepada 8 kelompok, sedangkan untuk petani Cabe di berikan kepada 4 perwakilan kelompok petani Cabe dan ditambah lagi sejumlah alat penyemprot hama untuk petani Padi.

“Sejumlah bantuan sudah sering diberikan, mulai dari alat berat untuk menggarap sawah, bibit atau pupuk bahkan alat penyemprot. Tapi Saya belum mengetahui atau dapat laporan tentang petani yang dibantu itu ada mengalami peningkatan ekonominya. Makanya saya tinjau langsung untuk mengetahui persoalan dan kendala yang dialami para petani ini,” jelas dia.

Kehidupan yang layak bagi masyarakat petani menjadi perhatian baginya, terlebih para petani ini sudah diberikan bantuan oleh pemerintah daerah. “Saya inginkan para petani di Jemaja dan Jemaja Timur ini memiliki kehidupan yang layak dan sejahtera di sektor pertanian. Tentu hal itu harus fokus dan memiliki motivasi yang tinggi untuk mencapai keberhasilan,” ungkap Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris kepada wartawan, Jum’at (9/11).

Selain itu, dirinya akan berupaya untuk merubah pola pemikiran masyarakat petani agar kedepannya dapat meningkatkan semangat dalam bertani. Petani yang fokus dan jangan hanya ikut-ikutan saja atau menjadi petani musiman.

“Jika bertanam buah-buahan harus lakukan dengan serius dengan jumlah yang banyak dan atau ada petani ingin menanam cabe ya tanamlah cabe yang jumlah banyak. Itupun harus tahu tentang musim tanam yang baik. Kalau musim kemarau bagus tanam cabe, kalau sekarang mau masuk musim utara atau hujan tidak cocok ditanam cabe,” terang Haris.

Baca juga  Kasat Binmas Polres Anambas Adakan Jum'at Curhat di Desa Sri Tanjung

Ia menambahkan, pada prinsipnya Pemda siap mendorong menciptakan petani yang handal dan harus memiliki semangat yang tinggi dalam mendorong ekonomi petani Anambas kedepannya yang lebih baik.

“Saya yakin kalau banyak hasil tanamannya, pembeli akan ramai datang. Pemda siap bantu kendalanya, tapi harus semangat juga dan fokus,” sebut dia lagi.

Haris menambahkan, untuk dukungan irigasi, para petani tidak mengalami kendala lagi,karena pemerintah sudah melaksanakan pembangunannya. Lanjutnya ia mengatakan, petani yang butuh tenaga ahli akan disiapkan, butuh peralatan, pupuk, bibit sudah diberikan. Artinya petani sekali lagi harus fokus dan memiliki niat dan semangat yang tinggi pastinya.

“Saya harapkan dimasa kepemimpinan kami akan ada sejumlah petani yang sukses meningkatkan ekonomi dari kurang mampu menjadi petani yang sejahtera. Tidak perlulah muluk-muluk capai hingga kaya, sejahtera saja sudah baik,” tutur dia.

* Red

jasa website rumah theme

Pos terkait