Pemkab Natuna Sambut Peserta Diklat Fungsional Sesparlu Angkatan Ke-59

  • Whatsapp

Foto: Suasana Saat Rapat diAula Kantor Bupati Natuna

NATUNA-METROSIDIK.CO.ID|Bupati Natuna yang diwakili Sekretaris Daerah, Wan. Siswandi bersama beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sambut kunjungan Peserta Diklat Sesparlu (Sekolah Staf & Pimpinan Kemenlu) Angkatan ke-59 dan melakukan pertemuan di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Ranai, kamis 30 Agustus 2018.

Dalam sambutan pembukanya, Wan Siswandi menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah sangat menyambut baik kunjungan ini, dimana sebagai salah satu wilayah perbatasan NKRI saat ini sedang menyelenggarakan percepatan pembangunan yang merupakan program dari Presiden Republik Indonesia sebagai implementasi nawacita pembangunan yang dititik beratkan diwilayah pinggiran atau perbatasan.

Adapun tujuan percepatan pembangunan di Kabupaten Natuna, menurutnya adalah upaya penguatan pertahanan Negara yang tidak hanya dititik beratkan pada bidang pertahanan militer semata, melainkan lebih diarahkan pada pendekatan pertahanan ekonomi masyarakat, diantaranya melalui optimalisasi sektor kelautan dan perikanan, sebagaimana yang sudah terealisasi, yaitu pembangunan Sentra Terpadu Perikanan Selat Lampa yang mungkin dapat dijadikan bahan pembelajaran strategi pendekatan ekonomi kerakyatan dan diplomasi antar negara.

Selain itu, Wan Siswandi juga memaparkan bahwa untuk saat ini, sektor pariwisata juga menjadi potensi andalan yang sedang digesa promosi dan pengembangannya, dengan melibatkan intervensi program dari Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Pusat, berupa penyelenggaraan event-event taraf nasional maupun internasional untuk meningkatkan jumlah kunjungan pariwisata di Kabupaten Natuna.

Oleh karenanya, Wan Siswandi berharap dengan kunjungan ini, pihak Kementerian Luar Negeri RI juga dapat mendukung upaya percepatan pembangunan sebagaimana yang telah direncanakan, seperti program Geopark maupun optimalisasi sektor maritim sebagai sarana diplomasi internasional.

Pada kesempatan yang sama Direktur Sesparlu, June Kuncoro Hadiningrat menyampaikan ucapan terima kasih karena Pemerintah Kabupaten Natuna berkenan menerima kunjungan Sesparlu yang berniat untuk menjadikan daerah ini sebagai salah satu konsep daerah perbatasan yang strategis untuk pembelajaran bagi membangun hubungan antar Negara.

Baca juga  Ini Alasan Dishublh Pilih Lokasi Penumpukan Sampah Depan Pemakaman Umum

Adapun Peserta Diklat Sesparlu angkatan 59 Tingkat Senior kali ini berjumlah 27 orang yang berasal dari tujuh Negara, seperti Kambodja, Vietnam, Peru, Azerbaijan, Guyana, Papua Nugini dan Fiji, dengan rincian 22 orang peserta laki-laki dan 5 orang peserta perempuan, dengan agenda pengumpulan data lapangan sebagai bahan pembelajaran yang nantinya akan diterapkan di negara asal peserta.

Laporan : Hms/Mon.

jasa website rumah theme


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait