Cegah Virus Corona Masuk, Dinkes Anambas Periksa Kesehatan Penumpang Kapal


Anambas, metrosidik.co.id–Kepala Dinas Kesehatan, Herianto, mengatakan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid 19) masuk ke Kabupaten Kepulauan Anambas.

Pihak nya melakukan pemeriksaan terhadap kedatangan warga melalui beberapa transportasi, seperti kapal ferri dan tranportasi lainnya. Selain itu, Herianto juga menghimbau masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari infeksi virus Corona.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit, Baban Subhan, melalui Erin Afriani, Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan jiwa menerangkan, pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang kapal ferri ini dilakukan pihaknya bersama Polres Kepulauan Anambas dan Lanal Tarempa.

Erin mengatakan, setiap penumpang yang akan naik dilakukan pemeriksaan terhadap suhu badan. “Pada pelaksanaan nya, suhu tubuh yang di atas 37 derajat dan penumpang yang dalam kondisi demam, batuk, pilek, menjadi catatan kita. Seperti nama, alamat, dan nomor telpon nya kita catat di buku pelaporan kita,” terang nya kepada metrosidik, Rabu,11 Maret 2020.

Untuk pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang KM Bukit Raya saat ini belum dapat dilakukan. “Untuk kapal Km Bukit Raya, kami masih blum bisa dan ini sudah menjadi wacana kami. Insyaallah kedepan akan kami laksanakan. Berdasarkan hasil rapat Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit kegiatan ini berlanjut sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan,” sebutnya.

“Sebenarnya yang bertanggung jawab kegiatan ini adalah seksi surveilance dan imunisasi. Kebetulan saat itu kegiatan pemeriksaan pada tanggal 9 kasi tersebut sedang ada giat di luar Tarempa. Jadi saya yang ambil alih. Pemeriksaan kesehatan penumpang kemarin pada tanggal 6 dan 9 Maret,” tutupnya.

*Fitra

jasa website rumah theme
Baca juga  Audiensi Ke Bappenas dan Kemenkes RI, Ketua DPRD Anambas Turut Hadir

Pos terkait