Pemerintah Siapkan Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Pemerintah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi peningkatan kasus Covid-19 dimana pembatasan mobilitas masyarakat bisa saja dilakukan. (Foto: Lukas - Sekretariat Presiden)

JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan tren kasus positif di Indonesia hingga saat ini masih belum menunjukan penurunan yang signifikan. Karena itu, pemerintah telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi.

Pertama, penegakan disiplin protokol kesehatan yang akan semakin diperketat untuk memastikan masyarakat seluruhnya patuh.

“Penegakan disiplin ini akan terus dilakukan hingga nanti seluruh masyarakat mendapatkan vaksin dan herd immunity tercapai,” kata Wiku saat konferensi pers, Kamis (31/12).

Selain itu, pemerintah juga akan memperkuat upaya 3T. Langkah ini merupakan upaya pemerintah untuk memastikan masyarakat dan kontak eratnya yang positif dapat terdeteksi lebih cepat serta memperoleh penanganan kesehatan sesuai standar.

“Sehingga dapat menekan angka kasus aktif dan mengurangi angka kematian serta meningkatkan angka kesembuhan,” tambahnya.

Langkah terakhir jika kasus positif masih tinggi yakni dengan melakukan pembatasan mobilitas masyarakat. Wiku menyampaikan, mobilitas masyarakat yang tidak terkendali selama pandemi ini sangat berpotensi meningkatkan angka penularan. Karena itu, pembatasan sosial ini diharapkan dapat menekan penularan yang terjadi.

“Pembatasan ataupun pelonggaran aktivitas sosial ekonomi masyarakat di suatu daerah merupakan aspek yang harus kita lakukan sejalan dengan naik turunnya kasus Covid-19,” kata Wiku.

 

 

Sumber:

 

jasa website rumah theme
Baca juga  Indonesia Dapat Bantuan Hibah Vaksin COVID-19 dari Jepang, Australia, dan AS

Pos terkait