Lebih Se-Bulan KM.Bukit Raya Docking, Anambas-Natuna Terisolir

  • Whatsapp
<span style="float: left; width: 100%;padding: 5px 5px 5px 10px; font-size: 14px; color: white; background: black; margin-bottom: 5px; height: fixed;"> KM.Bukit Raya di Tarempa</span>

Tanjungpinang, Metrosidik.co.id–Warga Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Natuna saat ini mengeluhkan akses transportasi laut yang menghubungkan ke ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang. Pasalnya, sejak pertengahan Februari lalu, kapal KM.Bukit Raya yang biasanya melayani rute pelayaran, Jakarta, Tanjungpinang, Anambas, Natuna, Pontianak dan Surabaya sudah tidak beroperasi hingga saat ini.

Dikonfirmasi Agen tiket Pelni di Tanjungpinang, terkait jadwal pelayaran KM.Bukit Raya tujuan Anambas- Natuna. “Kami belum dapat informasi jadwal KM. Bukit Raya, kapan akan beroperasi kembali. Sampai hari belum ada info pak,” cetus salah satu staf yang biasa melayani pemesanan tiket, Selasa, 26/03/19.

Berhentinya Kapal KM.Bukit Raya melayani pelayaran di perbatasan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri ) itu membuat masyarakat semakin bertambah sulit. Bukan saja berdampak kepada ekonomi, akan tetapi, akses rujukan kesehatan bagi masyarakat miskin menjadi terhambat.

Saat ini, KM.Bukit Raya masih menjadi transportasi andalan dengan harga tiket terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Harga tiket dari Anambas tujuan Tanjungpinang sekitar 175 ribu. Harga tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan harga tiket pesawat kisaran antara 750 ribu rupiah Batam- Anambas, sedangkan Batam-Natuna, masih kisaran 1,8 juta.

Lain hal bagi warga Anambas, saat ini masih memiliki transportasi laut kapal Ferry dengan jadwal pelayaran 2 kali dalam seminggu. Harga tiket di bandrol kisaran 450 ribu rupiah tujuan Tanjungpinang. Sayangnya, selain harga tiket masih tergolong tinggi, Ferry ini belum mampu melayani warga Anambas secara maksimal.

Hasil pantauan media ini, Tiket Ferry Seven Star sudah habis terjual sejak Selasa, 26 Maret. Tiket tersebut untuk jadwal keberangkatan tujuan Anambas pada Jum’at tanggal 29 mendatang. Hingga hari ini, tidak sedikit warga Anambas yang belum kebagian tiket dan akan terancam gagal berangkat serta akan menjadi beban ekonomi bagi warga yang kantongnya pas-pasan.

Baca juga  Pintu Penyebaran Virus Corona di Anambas Masih Terbuka

Informasi yang di peroleh media ini, Kapal KM.Bukti Raya sedang menjalani Docking di Jakarta dan belum dipastikan kapan akan kembali melayani masyarakat perbatasan Propinsi Kepulauan Riau.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak Pelni pusat belum terkonfirmasi

  • Fitra
jasa website rumah theme


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait