Nelayan Anambas Akan Dapat Bantuan Kapal dan Radio

  • Whatsapp

Foto: Syamsuherman KABID Pemberdayaan Nelayan DP3 KKA

Anambas, Metrosidik.co.id–Nelayan di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) terus mendapat dukungan dari pemerintah. Mulai bantuan dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah KKA. Perhatian tersebut diantaranya tahun 2019 ini nelayan akan diberikan bantuan kapal dan perangkat Radio.

Dikatakan Syamsuherman kepala bidang pemberdayaan nelayan Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan (DP3) KKA, sebanyak 16 kapal dan 103 unit perangkat radio dari anggaran Dana Alokasi Khusus (Dak) Kementerian Kelautan dan Perikanan akan diberikan kepada kelompok nelayan.

“Bantuan tersebut masih dalam tahap prencanaan dan akan segera dilelang. 16 unit kapal itu berukuran 2 gross tone lengkap dengan alat pancing,” jelasnya Kamis,14/2/19.

Bantuan ini diberikan kepada kelompok, Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang sudah terdaftar di DP3 .”Kelompok nelayan harus mengajukan proposal agar dapat menerima bantuan. Saat ini kelompok yang sudah terdaftar di DP3 berjumlah 269 kelompok dan puluhan proposal sudah kami terima,” jelasnya.

Selain bantuan dari anggaran DAK, pemerintah daerah juga mengalokasikan anggaran APBD untuk meningkatkan pendapatan nelayan. Bantuan yang akan diberikan dari daerah diantaranya Cool Book , Mesin Pompong ukuran 35 PK, Kawat Bubu, Solar Sel dan sekitar ratusan Jongkong.

Bantuan akan diberikan kepada kelompok nelayan di setiap kecamatan.” Perangkat radio akan diberikan kepada anggota kelompok yang sudah memiliki Pompong sendiri dengan ukuran diatas 3 Gt,” tegasnya.

Diterangkan nya, pada tahun 2017 lalu ada beberapa kelompok yang tidak memanfaatkan bantuan dengan baik sehingga ditarik sesuai peraturan. “Kelompok yang pernah mendapatkan bantuan tidak diberikan lagi, kecuali dalam kelompok itu masih ada nelayan yang belum mendapatkan bantuan,” bebernya.

Diperkirannya, bantuan kapal dan radio ini nantinya dapat terealisasi pada bulan Oktober mendatang. “Untuk kapal dan Radio sekarag masih poroses perencanaan dan belum di lelang. Lelang biasanya membutuhkan waktu 2 bulan. Anggaran dari DAK sekitar 2,5 miliar, untuk belanja kapal 1,9 miliar sedangkan untuk Radio 515 juta,” tuturnya.

Baca juga  Riau Dalam Sehari 570 Orang Positif Covid-19, 15 Meninggal

* Fitra

jasa website rumah theme


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait