Masyarakat Menjadi Ujung Tombak Pengawasan Pemilu 2019

  • Whatsapp

ANAMBAS-METROSIDIK.CO.ID | Sosialisai Pengawasan Partisifatif, Peran Aktif Pemilih dalam Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2019 sedang digelar Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Provinsi Kepulauan Riau Bersama Panitia Pengawas Pemilu (PANWASLU) Kabupaten Kepulauan Anambas di Hotell Terempak Beach Kamis malam, 5/7/18.

Fithria Sandy, S.Ip., M.Ak, sebagai kasubbag Teknis Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu (TP3) mengatakan, kegiatan ini adalah program prioritas Bawaslu dalam peran aktif pemilih dalam pengawasan tahapan Pemilu Tahun 2019.

” maksud dari tujuan kegiatan adalah meningkatkan partisipasi pengawasan pemilih. Sementara anggaran dibebankan pada Diva Bawaslu propinsi Kepulauan Riau” ujar Fithria Sandi dalam acara.

Selain sosialisasi partisipasi pengawasan pemilih Bawaslu juga menjelaskan terkai proses sengketa pidana pelanggaran pemilu tahun 2018 mendatang.

Lahirnya undang-undang nomor 7 tahun 2017 Panwaslu atau Bawaslu diberikan kewenangan Ajudikasi memutuskan sengketa pemilu.

“” penerima mony politik tidak dikenakan pidana , berbeda dari aturan sebelumnya, hal ini guna agar masyarakat tidak menjadi korban pelanggaran pemilu sehingga mereka berani untuk melapor jika ada pelanggaran. Sementara, sengketa pelanggaran Pemilu nantinya dapat diputuskan di Bawaslu dalam jangka waktu selama 14 hari. ” ucap Rosmawati anggota Bawaslu Kepri.

Ia menambahkan, pemilih atau masyarakat itu sendiri menjadi ujung tombak pengawasan dalam Pemilu. Menurutnya, Pemilih yang berintegritas, masyarakat yang berintegritas akan melahirkan pemimpin yang berintegritas dan berkualitas.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Kepulauan Anambas Yopi Susanto mengatakan, pihaknya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam melakukan pengawasan terhadap indikasi dugaan pelanggaran Pemilu nantinya. Dalam pengawasan itu masyarakat diminta menyampaikan laporan jika ada pelanggaran.

“Indentitas pelapor akan kita jamin kerahasiannya. Kita undang untuk verifikasi dan laporan akan kita proses, ”  tambahnya Yopi Santoso.

Baca juga  Pemda Anambas Lindungi Ribuan Nelayan

*Fitra

jasa website rumah theme


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait