METROSIDIK.co.id — Pesawat boeing 737-524 Sriwijaya Air dengan rute penerbangan Jakarta-Pontianak jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021) siang.
Disebutkan pula bahwa pesawat yang membawa 6 awak pesawat dan 56 penumpang ini telah mengalami hilang kontak di sekitar pukul 14.36 WIB di sekitar Pulau Laki, Kepulauan Seribu.
Menanggapi peristiwa ini, Tim Reaksi dan Analisis Kebencanaan (Treak) PSTA-Lapan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengeluarkan analisis terbaru mereka, mengenai kondisi dinamika atmosfer pada saat dan menjelang jatuhnya Pesawat Sriwijaya tersebut.
Berikut beberapa fakta dinamika atmosfer yang terjadi sebelum dan saat Pesawat Sriwijaya Air SJ182 jatuh.
1. Sistem konveksi skala meso Treak menuliskan, berdasarkan analisis dinamika atmosfer menunjukkan ada sistem konveksi skala meso yang telah terbentuk di atas Lampung dan Laut Jawa di sekitarnya sejak pukul 11.00 WIB. Sistem ini kemudian pecah dan berpropagasi ke selatan, yang berasosiasi dengan pertumbuhan sistem konveksi skala meso lain di atas Jawa bagian barat selama rentang waktu 13.00-15.00 WIB.
2. Kondisi sinoptik Dijelaskan Treak Lapan, untuk kondisi sinoptik atau cuaca yang memiliki distribusi terhadap kondisi atmosfer, terdapat vorteks Borneo dan Westerly burst (angin baratan kuat) dari Samudera Hindia. Diketahui bahwa kecepatan burst atau angin baratan kuat ini adalah sekitar 7-8 meter per detik(m/det) pada ketinggian 1,5 meter, yang lebih kuat dibandingkan dengan klimatologis angin monsun baratan yaitu sekitar 3 m/det.
3. Kondisi meso Dinamika atmosfer berikutnya adalah perihal kondisi meso, di mana ternyata di sekitar lokasi kejadian terdapat konvergensi angin dari utara dan barat di permukaan (10 meter). Konvergensi angin ini telah mengintrusi kelembapan dan menumbuhkan sistem konveksi baru dari Laut Jawa ke utara Jakarta.
4. Kondisi lokal
Dilihat dari dinamikan atmosfer kondisi lokalnya, terpantau adanya pertumbuhan sistem konveksi di atas lokasi kejadian jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182.
Sistem konveksi tersebut menunjukkan adanya koneksi antara sistem konveksi skala meso di bagian utara dan di selatan.
“Koneksi ini menunjukkan sistem konveksi di utara tersebut berperan menginduksi konveksi baru, sekaligus mengalami propagasi ke selatan,” tulis Treak Lapan, Minggu (10/1/2021).
Antisipasi kejadian serupa
Dalam upaya untuk mengantisipasi kejadian serupa ini terjadi, Lapan mengenalkan aplikasi bernama SADEWA yang diproduksi oleh litbang Lapan, dengan fungsi sebagai sistem peringatan dini atmosfer ekstrem berbasis satelit.
Sebagai informasi, aplikasi sistem peringatan dini atmosfer ekstrem ini juga merupakan model atmosfer yang dikembangkan untuk mendukung riset atmosfer maupun aplikasinya oleh badan operasional terkait.
Sedangkan, untuk informasi resmi mengenai cuaca dapat diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
Sumber: