Hari ini Satgas BLBI Panggil Empat Obligor, Separuhnya Mangkir

Hari ini Satgas BLBI Panggil Empat Obligor, Separuhnya Mangkir
Ketua Harian Satgas BLBI Rionald Silaban saat meninggalkan Gedung Syafrudin Prawiranegara Kementerian Keuangan, Kamis, 9 September 2021. (Foto: Beritasatu)

JAKARTA, METROSIDIK.CO.ID — Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI) pada hari ini Kamis (9/9/2021) memanggil empat obligor dan debitur BLBI terkait utangnya kepada negara. Namun, tidak semuanya memenuhi panggilan tersebut.

Pertama adalah obligor/debitur atas nama Kwan Benny Ahadi. Menurut Direktur Hukum dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Tri Wahyuningsih Retno Mulyani, Kwan Benny hanya hadir secara virtual karena sedang berada di luar negeri. “Kehadiran melalui video conference dari Kedutaan Besar RI di Singapura. Jumlah utang Rp 157,728 miliar,” terang Tri Wahyuningsih, Kamis (9/9/2021).

Kedua, debitur atas nama PT Era Persadar dengan jumlah utang Rp 130,570 miliar. Debitur tersebut pada hari ini tidak hadir memenuhi panggilan Tugas BLBI. Ketiga, obligor/debitur atas nama Ronny HR (PT TPN) dengan jumlah utang Rp 2,612 triliun. Ronny hari ini hadir memenuhi panggilan Satgas BLBI.

Baca juga  BLBI dihentikan, ICW Desak KPK Ajukan Gugatan Perdata Lewat Jaksa Pengacara Negara

Sementara itu obligor atas nama Setiawan Harjono dan Hendrawan Harjono. Keduanya juga tidak hadir memenuhi panggilan, padahal ini merupakan panggilan ketiga sehingga harus diumumkan di surat kabar. Pemilik PT Bank Asia Pacific (Bank Aspac) ini memiliki utang kepada negara dengan total Rp 3,57 triliun dalam rangka PKPS Bank Aspac.

Khusus untuk Setiawan Harjono dan Hendrawan Harjono, karena masih mangkir di panggilan ketiga, Satgas BLBI akan melakukan tindakan khusus. “Dalam hal saudara tidak memenuhi kewajiban penyelesaian hak tagih negara, maka akan dilakukan tindakan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan,” kata Ketua Harian Satgas BLBI Rionald Silaban dalam pengumuman Panggilan Penagihan, Kamis (9/9/2021).

 

 

jasa website rumah theme

Pos terkait