Wabup Anambas, Nilai-Nilai Pancasila Memperkuat Bangsa di Pandemi Corona


Anambas, metrosidik.co.id–Di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), masyarakat diharapkan dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai upaya memperkuat bangsa dalam menghadapi wabah virus yang telah melanda beberapa negara dibelahan dunia. Ungkapan ini disampaikan Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra, kepada metrosidik dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila yang telah memasuki usia ke-75 tahun pada 1 Juni 2020.

Wan menyebut, nilai-nilai Pancasila selama wabah Corona semakin terimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Rasa kebersamaan dalam menjaga satu sama lain semakin kental terasa disaat ujian pandemi ini.

“Pancasila yang telah disuarakan dan ide dasar dari pendiri bangsa ini, yakni bung Karno pada intinya adalah gotong royong. Tidak hanya gotong royong dalam kontek tenaga, tetapi gotong royong hati dan perasaan, saling berbagi kasih, saling kepedulian, saling menjaga persatuan, merupakan implementasi yang dapat kita berikan. Itu bisa kita lihat pada hari ini untuk memutuskan mata rantai pandemi, semua komponen bergotong royong. Dan ini terjadi di seluruh Indonesia,” sebutnya.

Wan Zuhendra yang sekaligus merupakan ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Kepulauan Anambas itu mengakui, tingkat toleransi masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas masih cukup tinggi dalam kehidupan sehari-hari.

“Artinya kita harus memahami kontek pandemi ini merupakan upaya kita bersama untuk menjaga kesehatan masyarakat, sehingga kita bersama dengan semuanya mematuhi aturan-aturan dan himbauan yang dilakukan pemerintah. Tidak pada hari ini ada yang melaksanakan dan yang lain tidak melaksanakan protokol kesehatan, itu tidak harus terjadi. Masing masyarakat harus memberikan toleransi yang tinggi,” harapnya.

Sementara itu, saat ini Kabupaten Kepulauan Anambas masih menunggu dari pemerintah pusat dalam kebijakan penerapan new normal. “Untuk new normal, kita mengikuti petunjuk dari pemerintah pusat. Saat ini kita masih menunggu dalam persiapan penerapan new normal itu,” jelasnya.

Baca juga  Polda Kepri Laksanakan Pembaretan Bintara Remaja Gel. II Tahun Anggaran 2023

Menghadapi tatanan baru atau new normal dalam pandemi Corona, ia berpesan untuk selalu mematuhi aturan dan himbauan dari pemerintah dalam melaksanakan protokol kesehatan

*Fitra

jasa website rumah theme

Pos terkait