Tiga Pimpinan DPRD Batam 2024-2029 Resmi Diambil Sumpah

 

METROSIDIK.CO.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam resmi memiliki pimpinan definitif untuk periode 2024-2029. Dalam rapat paripurna yang digelar pada Rabu (25/9/2024), Haji Muhammad Kamaluddin, S.Pd.I dari Partai Nasdem dilantik sebagai Ketua DPRD. Haji Aweng Kurniawan (Partai Gerindra) dan Hendra Asman, SH, MH (Partai Golkar) masing-masing dilantik sebagai Wakil Ketua I dan Wakil Ketua III.

Prosesi pengucapan sumpah/janji para pimpinan DPRD dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Batam, Bambang Trikoro, SH, MHum, yang dibantu dua rohaniawan, masing-masing dari agama Islam dan Buddha. Acara ini juga dihadiri oleh Pjs Walikota Batam Andi Agung, Forkompimda, tokoh masyarakat, pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM), serta sejumlah undangan penting lainnya.

Sebelum prosesi pengambilan sumpah, Ketua Sementara DPRD Kota Batam, Hj Asnawati Atiq, SE, MM, membuka rapat paripurna. Dalam sambutannya, Asnawati menjelaskan salah satu tugas utama pimpinan sementara adalah menetapkan pimpinan definitif.

“Kami juga telah melaksanakan tugas lain, termasuk pengesahan Peraturan DPRD terkait Tata Tertib,” ujarnya.

Setelah itu, Sekretaris DPRD Batam, Ridwan Afandi, SSTP, MEng, membacakan Surat Keputusan (SK) Gubernur Kepulauan Riau mengenai penetapan pimpinan DPRD. Kamaluddin, Aweng, dan Hendra pun maju ke depan untuk mengucapkan sumpah/janji mereka.

Dalam sambutannya, Kamaluddin menyampaikan pesan kepada seluruh anggota DPRD untuk menjalankan tugas dengan penuh pengabdian kepada masyarakat.

“Menjadi anggota DPRD selain amanah juga pilihan. Di awal tugas ini, kami mengajak untuk mengukuhkan tekad dalam menjalankan fungsi pembentukan perda, pengawasan, penganggaran, dan yang terpenting adalah pengabdian. Niatkan semua ini dengan ikhlas untuk masyarakat Kota Batam tercinta,” ujarnya.

Pjs Walikota Batam Andi Agung turut memberikan sambutan dan menyampaikan ucapan selamat kepada para pimpinan DPRD yang baru dilantik.

Baca juga  Menhub Budi Karya Resmikan Pengoperasian Dermaga II Telaga Punggur Batam

“Saya yakin pimpinan DPRD yang baru dapat bekerja secara profesional dan berharap akan terjalin kolaborasi yang baik demi pembangunan Kota Batam yang lebih maju ke depannya,” tutur Andi.

Meskipun telah dilantik tiga pimpinan DPRD, kursi Wakil Ketua II yang menjadi jatah PDI-Perjuangan masih kosong karena partai tersebut belum mengirimkan nama calon pimpinannya. (hms)

 

jasa website rumah theme

Pos terkait