Instruksi Presiden kepada 5 Gubernur Terkait PPKM Jawa-Bali

Instruksi Presiden kepada 5 Gubernur Terkait PPKM Jawa-Bali
Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan), meninjau pelaksannaan vaksinasi Covid-19 secara massal bagi tenaga kesehatan di Jakarta, yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Kamis 4 Februari 2021. (Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao)

JAKARTA, METROSIDIK.CO.ID — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan telah memberikan dua instruksi kepada 5 gubernur dalam pertemuan di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, kemarin, Rabu (3/2/2021).

Kelima gubernur tersebut adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur DI Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

“Kemarin saya bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta, Gubernur DI Yogyakarta, Gubernur Jabar, Gubernur Jateng dan Gubernur Bali,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers secara virtual di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (4/2/2021).

Menurut Jokowi, pertemuan 5 gubernur tersebut membahas langkah untuk semakin mengefektifkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi memberikan dua instruksi untuk meningkatkan PPKM di lapangan. Karena dari pengamatannya, masih ada beberapa kegiatan yang kurang kuat dalam pelaksanaan PPKM.

“Jadi saya sampaikan pentingnya dua hal yang di lapangan, ini kita kemarin kurang. Artinya kita ingin memperkuat kegiatan-kegiatan yang ada di lapangan sehingga saya sampaikan pembatasan kegiatan masyarakat di level mikro, level kampung, level desa, level rw dan level rt, itu penting. Itu kunci disitu. Lapangan yang harus dikerjakan,” terang Jokowi.

Kemudian instruksi kedua yang tidak kalah pentingnya dari sisi pemerintah, Jokowi meminta 3T yakni testing, tracing dan treatment terus ditingkatkan. Paling tidak, jika ada warga terkonfirmasi positif Covid-19, maka 30 orang yang melakukan kontak dekat dengan warga tersebut harus bisa dilacak.

“Yang kedua, tidak kalah pentingnya dari sisi pemerintah, yaitu testing, tracing, dan treatment. Artinya kalau sudah tes Covid-19, sudah dilakukan dan ketahuan segera dilacak. Paling tidak 30 orang yang kontak dengan orang ini harus dilacak. Dan kalau sudah ketemu segera dilakukan isolasi. Jadi itu yang saya tekankan tadi,” jelas Jokowi.

Selain memperkuat lapangan dan pelaksanaan 3T, Jokowi juga meminta 5 gubernur tersebut terus mengingatkan disiplin 3M kepada masyarakat. “Jadi tadi lapangan diperkuat dan kemudian 3T juga diperkuat lagi, tapi jangan lupa mengingatkan mengenai 3M kepada masyarakat, pakai masker, cuci tangan, jaga jarak. Itu penting. Saya kira itu beberapa poin penting dalam pertemuan dengan 5 gubernur kemarin,” ungkap Jokowi.

 

 

 

Sumber: 

 

jasa website rumah theme