2 Tersangka Kasus Suap Bansos Covid-19 Segera Disidang

2 Tersangka Kasus Suap Bansos Covid-19 Segera Disidang
Penyidik KPK menggelar rekonstruksi perkara dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) penanganan COVID-19 di Jakarta, Senin (1/2). Dalam rekonstruksi itu di gedung KPK itu penyidik menghadirkan tiga tersangka, yakni Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso selaku pejabat pembuat komitmen di Kementerian Sosial (Kemensos), serta Harry Sidabuke dari pihak swasta. Foto : Ricardo

JAKARTA, METROSIDIK.CO.ID — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah merampungkan berkas perkara dua tersangka dalam kasus dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) Covid-19 Jabodetabek pada Kementerian Sosial (Kemensos) tahun anggaran 2020.

Mereka ialah Ardian Iskandar Maddanatja dan Harry Van Sidabukke. Keduanya merupakan tersangka dari pihak swasta.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, berkas perkara Ardian dan Harry telah dilimpahkan kepada jaksa penuntut umum (JPU) KPK. Dengan begitu, keduanya tinggal menunggu waktu untuk menjalani persidangan.

“Setelah berkas dinyatakan lengkap atau P21 hari ini, tim penyidik KPK melaksanakan tahap kedua atau penyerahan tersangka dan barang bukti kepada tim JPU KPK,” kata Fikri dalam keterangan yang diterima, Selasa (2/2).

Secara aturan, jaksa hanya memiliki wewenang melakukan penahanan kedua tersangka selama 20 hari. Penahanan dilakukan sejak 2-21 Februari 2021.

Untuk Ardian Iskandar akan ditahan di Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur. Sedangkan Harry akan ditahan di Rutan KPK Kavling C1.

“Dalam waktu 14 hari kerja akan segera dilakukan penyusunan surat dakwaan dan melimpahkan berkas perkara para terdakwa ke PN Tipikor,” ucap Fikri.

Fikri mengatakan, persidangan terhadap kedua tersangka akan diagendakan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Mengenai proses penyidikan, Fikri mengungkapkan pihaknya telah memeriksa 48 orang saksi. Di antaranya dari para pihak kontraktor yang turut mengerjakan proyek pengadaan tersebut.

 

 

 

Sumber: 

jasa website rumah theme