Ketahui 4 Tanda Pertama Tubuh Terinfeksi Covid-19

Ketahui 4 Tanda Pertama Tubuh Terinfeksi Covid-19
GETTY IMAGES

METROSIDIK.CO.ID — Selain menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, memerhatikan gejala virus corona baru bisa jadi salah satu cara efektif menurunkan risiko penyebarannya.

Semakin cepat Anda menyadari gejala virus corona, semakin cepat pula Anda bisa meminta bantuan tenaga kesehatan.

Satu-satunya cara untuk menentukan apakah Anda tertular virus corona baru atau tidak adalah dengan melakukan tes Covid-19. Namun, mengetahui gejala apa saja yang dapat muncul bisa membuat langkah penanganan menjadi lebih baik.

Beberapa gejala awal terinfeksi virus corona, misalnya, demam dan anosmia. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera hubungi tenaga kesehatan supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

 

Demam

Tubuh yang terinfeksi virus corona biasanya menunjukkan gejala yang mirip layaknya terkena virus flu, seperti demam atau batuk. Namun, banyak orang yang tidak menunjukkan gejala ini sehingga tidak sadar dirinya sudah terinfeksi virus corona dan menularkannya ke orang lain.

Anda berisiko terinfeksi virus corona jika memiliki suhu tubuh lebih dari 100,4 derajat Fahrenheit atau 38 derajat Celcius setelah 2-14 hari terpapar virus. Tak hanya demam, Anda pun bisa merasakan nyeri otot, mual, dan muntah.

 

Anosmia dan ageusia

Anosmia adalah kondisi di mana fungsi indra penciuman mengalami penurunan. Mengutip dari Eatthis.com, 30% pasien Covid-19 mengalami kondisi tersebut. Selain mengganggu indra penciuman, virus corona juga berpengaruh pada indra pencecap.

Menurunnya fungsi indra pencecap seseorang disebut dengan ageusia. Anosmia dan ageusia membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk bisa sembuh. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati terhadap penularan virus.

 

Batuk kering

Batuk kering jadi gejala Covid-19 selanjutnya yang perlu Anda waspadai. Melansir Eatthis.com, frekuensi batuk berulang yang terjadi selama satu jam bisa dikategorikan sebagai gejala tubuh terinfeksi virus.

Jika Anda mengalami hal itu, segera lakukan isolasi mandiri selama beberapa hari. Terus pantau kondisi tubuh Anda. Bila kondisi tubuh semakin buruk dan muncul gejala yang lain, segera hubungi tenaga kesehatan.

 

Sakit tenggorokan dan sakit kepala

Tak hanya gejala di atas, ciri-ciri Covid-19 ditandai pula dengan sakit tenggorokan dan sakit kepala. Virus corona menyerang saluran hidung dan selaput lendir di belakang tenggorokan yang bisa mengakibat munculnya ciri-ciri tersebut.

 

 

Sumber: 

 

jasa website rumah theme