Banjir di Kalsel: Warganet Minta Tolong Tagar #KalselJugaIndonesia

Petugas gabungan saat bantu evakuasi sekaligus salurkan makanan ke warga yang terdampak banjir. (Foto: polsek haruai via Banjarmasinpost Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Banjir di Kalsel: Warganet Minta Tolong Lewat Tagar #KalselJugaIndonesia, Tanggap Darurat Ditetapkan, https://www.tribunnews.com/regional/2021/01/15/banjir-di-kalsel-warganet-minta-tolong-lewat-tagar-kalseljugaindonesia-tanggap-darurat-ditetapkan. Penulis: Daryono Editor: Citra Agusta Putri Anastasia)

METROSIDIK.CO.IDBanjir besar melanda wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (15/1/2021).

Diberitakan Tribunnews.com pada Jumat pagi, banjir ini merendam ribuan rumah.

Setidaknya ada empat kabupaten/kota yang terdampak banjir.

Empat kabupaten itu yakni Kabupaten Tapin, Kota Banjarbaru, Balangan, dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

 

Trending tagar #KalselJugaIndonesia

Banjir ini nampaknya belum surut.

Pada Jumat malam, tagar #KalselJugaIndonesia trending di Twitter.

Di media sosial, warganet meminta tolong agar banjir segera ditangani.

Warganet mengeluhkan sepinya pemberitaan tentang banjir di Kalsel.

Mereka juga mengeluhkan belum adanya bantuan yang datang.

Pantuan Tribunnews.com, warganet mengunggah foto dan video yang memperlihatkan banjir di Kalsel.

Tolong bantu kami dengan meng up berita ini. Agar kami bisa mendapatkan lebih banyak bantuan berupa dana, sembako dll. Kami satu KALSEL sudah dikepung air, terimakasih,” tulis akun @chibunkijo.

#KalselJugaIndonesia kota kami sedang dilanda banjir besar tapi belum ada satupun bantuan yg masuk kekampungยฒ kecil yang hampir tenggelam karena dekat dengan sungai,warga biasa jauh lebih peduli ketimbang yg berwewenang Astagfirullahhh Apa nunggu kami rata dengan air dulu?,” tulis @inikacangq.

 

Status Tanggap Darurat

Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin resmi menaikkan status Banjarmasin menjadi tanggap darurat banjir.

Pada Kamis (14/1/2021), Pemko Banjarmasin telah menetapkan status siaga darurat banjir mengingat Banjarmasin sedang dikepung banjir dan juga air pasang.

Kondisi ini pun semakin memburuk hingga hari ini Jumat (15/1/2021), Pemko Banjarmasin pun menaikkan status menjadi tanggap darurat.

Hal ini diumumkan langsung oleh Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, lewat video yang diunggah melalui instagram @ibnusina.official.

Assalamualaikum WR WB. Warga Kota Banjarmasin, saat ini kita bersama-sama mengetahui bahwa kemarin kami sudah menetapkan kondisi status bencana banjir di Banjarmasin yaitu siaga darurat, hari ini dengan melihat situasi dan kondisi laporan dari BPBD dan juga posko di kecamatan terjadi pengungsi dan sebagainya, termasuk juga tingginya air, kami hari ini juga menetapkan status Banjarmasin sebagai tanggap darurat bencana banjir dan air pasang,” ujarnya dalam video berdurasi satu menit 27 detik tersebut, dikutip dariย BanjarmasinPost.

Baca juga  Banjir Kalsel, Jokowi perintahkan BNPB, Basarnas, TNI/Polri segera kirim bantuan

Masih dalam video tersebut, Ibnu Sina menerangkan bahwa berbagai upaya sudah mulai dilakukan oleh Pemko Banjarmasin terkait hal ini.

Seluruh sumber daya, emergency dan sebagainya sudah kita kerahkan, termasuk beberapa lokasi yang menjadi tempat pengungsian. Kita juga akan mendirikan dapur umum di tiap kecamatan. Paling tidak untuk kebutuhan sehari-hari. Semoga cepat berlalu, tetap siaga dan waspada,” tutupnya.

 

jasa website rumah theme

Pos terkait