INACA-Kemenparekraf Kerjasama Bangun Kembali Pariwisata Indonesia

Kerjasama INACA dan Kemenparekraf
Ilustrasi. Foto: Dok.MI

Asosiasi Perusahaan Penerbangan Niaga Nasional Indonesia (INACA) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkerjasama untuk menggairahkan kembali sektor transportasi dan pariwisata yang terpukul akibat covid-19.

Pada pertemuan virtual antara Pengurus INACA dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berserta para Deputi di Kemenparekraf, serta Ketua INACA Denon Prawiraatmadja sepakat bahwa untuk dapat mendatangkan wisatawan, diperlukan kekompakan dan keterlibatan antar semua komponen yang ada dalam sektor ini, yang mana pihaknya mendefinisikan hal tersebut dengan 4 A yaituย Airlines, Airport, AirNavย danย Authority.

“Di masa-masa sulit seperti ini kami terus mencari terobosan agar tetap bisa bertahan dan membangun kepercayaan serta keyakinan para calon penumpang untuk tetap mau melakukan perjalanan wisata atau bisnis dengan menggunakan transportasi udara. Bersyukur komponen dari 4 A tersebut bahu-membahu sehingga sedikit demi sedikit kami berhasil mengembalikan kepercayaan masyarakat,” kata Denon dilansir dariย Antara, Rabu, 13 Januari 2021.

Denon menambahkan beberapa program juga mendapat dukungan pemerintah, salah satunyaย Safe Travel Campaign.

Dalam kegiatan tersebut INACA berserta anggotanya telah berkeliling daerah untuk mengkampanyekan kalau pesawat merupakan tempat yang paling aman dari virus covid-19. Hal ini karena di dalam pesawat menggunakan filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) yang mampu menyaring udara dengan efektivitas 99,99 persen.

Sistem ini juga memastikan udara di dalam pesawat berganti dan difilter setiap 2-3 menit, dan sistem serupa diterapkan di rumah sakit.

Denon juga berharap di tahun ini, setelah vaksin disuntikkan kepada masyarakat, Pemerintah melalui Kemenparekraf dapat bekerjasama dengan INACA, misalnya dengan memberikan insentif kepada masyarakat yang ingin berwisata menggunakan transportasi udara. Hal ini menjadi sangat penting agar masyarakat dapat melakukan kegiatan penerbangan untuk berlibur atau berbisnis.

Baca juga  DPR Temui Pemerintah, Bahas Pasal UU ITE yang Perlu Direvisi

Quick winย INACA dan Kemenparekraf di Tahun ini dalam jangka pendek adalah menempelkan logo Wonderful Indonesia di seluruh maskapai anggota INACA. Saya berharap ini sebagai tonggak pertama yang bisa kita lakukan bersama untuk mendukung pariwisata nasional kita,” katanya.

Menparekraf Sandiaga Uno menilai bahwa INACA dan Kemenparekraf dapat diistilahkah sebagai dua teman sejati yang saling mendukung dan menolong satu dengan lainnya jika salah satunya terkena musibah. Selain itu, maskapai merupakan faktor penting dan fundamental dalam mendorong kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

“Penerbangan sangat berpengaruh untuk menggerakkan sektor pariwisata di Tanah Air. Tidak hanya itu, dengan banyak masyarakat yang berwisata sektor pendukung pariwisata juga akan ikut tumbuh, seperti hotel, restoran hingga ekonomi kreatif. Terlebih saat ini wisatawan domestik akan menjadi tumpuan hingga enam sampai sembilan bulan ke depan,” jelas dia.

 

 

Sumber:ย 

 

jasa website rumah theme

Pos terkait