Hadfana Pelaku Penendang Sesajen di Semeru Anggota Salah Satu Organisasi Islam

Hadfana Pelaku Penendang Sesajen di Semeru Anggota Salah Satu Organisasi Islam
Hadfana Firdaus di Mapolda Jatim (Foto file: Deny Prastyo Utomo/detikcom)

SURABAYA, METROSIDIK.CO.ID — Hadfana Firdaus, penendang dan pembuang sesajen di lokasi erupsi Semeru jadi tersangka. Hadfana tertangkap di Bantul, DIY. Ketua Fatwa MUI Jatim KH Makruf Khozin mengatakan, pelaku berasal dari salah satu ormas Islam. Makruf mengaku, dirinya sudah dihubungi ormas tersebut dan berjanji akan mengubah konsep dakwah mereka.

“Jadi saya sudah dihubungi oleh pihak di mana pelaku itu terorganisir. Jadi mereka (perwakilan organisasi) bilang itu anggota kami, itu sudah minta maaf, terus dia sudah ingin menyamakan dengan kita soal konsep dakwah,” kata Makruf kepada wartawan, seperti dilansir dari Detik.com, Jumat (14/1/2022).

Makruf menyebut, konsep dakwah yang dipegang teguh pelaku kurang halus, tidak seperti ormas Islam lainnya di Indonesia yang lebih soft.

Baca juga  Jembatan Gladak Perak Malang-Lumajang Putus Diterjang Lahar Dingin Semeru

“Mereka ingin menyamakan konsep dakwah, bahwa konsep dakwahnya itu tidak brutal, main kasar, tetapi konsep dakwah itu perlu proses dan tahapan dan kita sudah mengajak umat Islam khususnya, cara kita tolak bala itu dengan bersedekah,” jelas Makruf.

“Tapi memang tidak dipungkiri, peninggalan kejawen, animisme, tidak hanya di desa saja, di kota juga ada. Tapi bentuknya lain. Kalau di kota itu animisme spirit doll. Intinya hakikatnya sama mempercayai kekuatan selain Allah SWT. Tetapi sama diluruskan, dibenahi untuk kemudian hal-hal yang tidak di sisi agama menjadi dibetulkan. Silakan membuat berkatan, sesajen, tapi dikasih ke fakir miskin atau dimakan bersama, maka Insya Allah tidak terjadi hal seperti ini,” lanjutnya.

 

jasa website rumah theme

Pos terkait