Wiku Sebut Vaksin Booster Penting untuk Tingkatkan Antibodi Pascavaksinasi Primer

  • Whatsapp
Wiku Sebut Vaksin Booster Penting untuk Tingkatkan Antibodi Pascavaksinasi Primer
Wiku Adisasmito. (Foto: BNPB)

JAKARTA, METROSIDIK.CO.ID — Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan, vaksinasi booster penting untuk dilakukan sebab adanya kecenderungan penurunan jumlah antibodi 6 bulan pasca pemberian vaksinasi primer ditambah dengan adanya kemunculan varian-varian baru Covid-19.

“Dari efektifitas 4 vaksin mendapatkan EUL dari WHO mengalami penurunan efektivitas 8% dalam 6 bulan terakhir pada seluruh kelompok umur. Dalam kurun waktu yang sama, kepada orang dengan usia 50 ke atas terdapat penurunan sebesar 10-32 untuk mencegah kemunculan gejala,” jelas Wiku, dalam konferensi pers secara daring, Selasa (11/1/2022).

Selain itu, pentingnya vaksinasi, dikatakan Wiku sebagai bentuk adaptasi masyarakat yang hidup di masa pandemi serta demi ketahanan kesehatan untuk jangka panjang.

Baca juga  Nasihat Panglima TNI Kepada Seluruh Petugas Nakes maupun Non Nakes Tetap Waspada

“Vaksinasi booster juga dilakukan untuk mencapai keadilan bagi setiap orang Indonesia untuk bisa mengakses vaksin sebagai perlindungan diri dan komunitas,” ujar Wiku.

Selaras dengan yang disampaikan Wiku, Ketua ITAGI, Sri Rezeki Hadinegoro, juga menjelaskan antibodi menurun dalam 6 bulan pasca vaksinasi dan bersamaan dengan munculnya varian-varian baru.

“Kita belum tahu kapan pandemi akan selesai, karenanya masyarakat harus mempunyai imunitas yang tinggi dengan cara melakukan vaksinasi booster,” jelas Sri Rezeki, Senin (10/1/2022).

Baca juga  OJK Bagikan Cara Terhindar dari Pinjaman Online

Sementara itu, vaksin booster akan diberikan secara gratis dengan beberapa skema dari pemerintah. “Vaksin booster diberikan kepada kabupaten/kota yang cakupan vaksinasinya sudah mencapai 70% untuk dosis pertama dan capaian 60% untuk dosis kedua,” kata Wiku.

Lebih lanjut, Wiku menjelaskan, selain berdampak dalam aspek kesehatan, vaksinasi booster juga dapat menjadi modal untuk penguatan pemulihan ekonomi.

Hal ini disebabkan apabila vaksinasi booster dilakukan sesuai sasaran, maka akan mudah untuk menekan kasus positif sehingga dapat mencegah gelombang baru. Sehingga, aktivitas masyarakat akan lebih fleksibel namun tetap dalam koridor penerapan protokol kesehatan.

Baca juga  Terkonfirmasi Positif Covid di Anambas Hari ini Bertambah Jadi 7 Orang

Dalam proses pelaksanaan vaksinasi booster ini, Wiku juga menghimbau masyarakat untuk tidak memilih-milih vaksin.

“Seluruh vaksin sama efektif, masyarakat diharapkan untuk tidak memilih jenis vaksin. Karena telah banyak tahapan yang dilewati dalam pengembangan vaksin untuk menjamin efektivitas setiap vaksin,” tegas Wiku.

 

jasa website rumah theme

Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....

Pos terkait


MENARIK UNTUK ANDA: