KPU Sebut Kemungkinan Tanggal Pemilu 2024 Diputuskan Awal Oktober

  • Whatsapp
KPU Sebut Kemungkinan Tanggal Pemilu 2024 Diputuskan Awal Oktober
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra. (Foto: ANTARA)

JAKARTA, METROSIDIK.CO.ID — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan pihaknya akan membahas terkait tanggal pemilihan Pemilu 2024 bersama pemerintah dan DPR pada awal Oktober. Dari proses pembahasan itu diharapkan dapat memutuskan tanggal pemilihan.

“Minggu pertama Oktober kemungkinan,” kata Ilham saat dikonfirmasi, Jumat (24/9/2021).

Diketahui, hingga saat ini belum ada keputusan mengenai jadwal tahapan dan pemungutan suara Pemilu 2024.

KPU menginginkan agar Pileg dan Pilpres digelar pada 21 Februari 2024. Dengan demikian, terdapat jeda dari pelaksanaan Pilkada serentak yang rencananya digelar pada 27 November 2024. Sementara, Kemendagri berharap agar Pemilu 2024 diselenggarakan pada bulan April, seperti pelaksanaan pemilu-pemilu sebelumnya, atau selambat-lambatnya pada bulan Mei.

Baca juga  Jaksa Agung Sebut Keadilan Restoratif Rawan Disalahgunakan

Sekjen Partai Keadilan Persatuan (PKP), Said Salahudin mengeklaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar Pemilu 2024 tetap digelar di bulan April 2024.

Ilham mengatakan, pihaknya akan menyimulasikan opsi-opsi yang ada di internal KPU.

“Kami akan simulasikan terlebih dulu di internal KPU,” katanya.

Secara terpisah, Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus mengatakan hingga saat ini, tanggal pemilihan Pemilu 2024 belum ditetapkan secara resmi. Tanggal-tanggal yang beredar sejauh ini baru sebatas usulan. Untuk itu, Guspardi mengatakan, tidak ada pengunduran jadwal Pemilu.

Baca juga  Enam Parpol Gagal Peroleh Kursi Legislatif di Kabupaten Bengkayang

“Oleh karena itu saya tegaskan belum ada pengunduruan pileg itu, semuanya masih dalam nol kilometer dan belum menetapkan bulan yang pas untuk itu,” kata Guspardi dalam webinar bertajuk “Sukses Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Tengah Pandemi Covid-19”, Jumat (24/9/2021).

 

jasa website rumah theme

Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....

Pos terkait


MENARIK UNTUK ANDA: