Ketua Satgas Covid-19: Kasus Aktif Turun, Angka Kematian Masih Tinggi

  • Whatsapp
Ketua Satgas Covid-19 Kasus Aktif Turun, Angka Kematian Masih Tinggi
Doni Monardo. (Foto: BNPB)

JAKARTA, METROSIDIK.CO.ID — Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo menyatakan angka kasus aktif Covid-19 di Indonesia telah mengalami penurunan dalam 2-3 bulan terakhir. Sayangnya, perkembangan positif itu tidak diikuti penurunan dalam jumlah kematian karena Covid-19.

Doni mengatakan angka kasus aktif di Indonesia sejak awal pandemi sangat tinggi sekali, namun dalam 2-3 bulan terakhir berhasil menyentuh capaian terbaik sebesar 9,72% dibandingkan kasus aktif dunia sebesar 17,34%.

“Angka kematian memang kita masih berada di atas angka kematian global. Selisihnya sekitar 0,49%. Ini menjadi perhatian bapak presiden bagaimana caranya supaya angka kematian bisa ditekan lagi,” ujar Doni dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR terkait evaluasi satu tahun pandemi Covid-19, Senin (15/3/2021).

Doni mengatakan, angka kesembuhan di Indonesia juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan jika dibandingkan angka kesembuhan global.

“Kita masih berada jauh di atas kesembuhan global 87,58%,” lanjutnya.

Menurutnya, berdasarkan distribusi jenis kelamin dan kelompok umur, terlihat bahwa risiko kematian akan semakin tinggi seiring bertambahnya usia. Selain itu, risiko kematian kepada kelompok rentan juga tinggi yaitu orang-orang dengan komorbid (penyakit bawaan) seperti ginjal, jantung, diabetes, hipertensi, dan gangguan imun.

“Mereka yang komorbid lebih dari 1 kasus maka angka kematian sangat tinggi sehingga upaya aktif kita bagaimana menyusun strategi agar bisa memberi perlindungan optimal pada kelompok rentan yaitu mereka yang punya komorbid dan mereka yang berusia di atas 47 tahun” kata Doni.

Baca juga  Legislator Sebut Masyarakat Menanti Santunan Wafat Karena COVID-19

Kementerian Kesehatan melaporkan kasus harian Covid-19 di Indonesia per hari ini sebanyak 5.589. Terjadi peningkatan dibanding jumlah kemarin yakni 4.717.

Dengan penambahan ini maka total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 1.425.044.

Untuk kasus sembuh hari ini bertambah 6.830 sehingga total menjadi 1.249.947 atau 87,7% dari kasus terkonfirmasi positif. Kasus meninggal bertambah 147 menjadi total 38.573 atau 2,7% dari kasus terkonfirmasi positif.

 

 

 

Sumber: 

 

Pos terkait

jasa website rumah theme