Mutasi Covid-19, IDI: Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
Mutasi Covid-19, IDI: Tetap Patuhi Protokol Kesehatan
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Antara)

JAKARTA, METROSIDIK.CO.ID — Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih mengimbau masyarakat untuk tidak lengah dan kendur melaksanakan protokol kesehatan. Masyarakat wajib tetap menerapkan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Sebab, virus Covid-19 telah bermutasi antara lain seperti kemunculan varian N439K.

“Mutasinya banyak sekali, bahkan ada jurnal internasional mengatakan, setahun itu bisa 33 kali mutasi, sehingga masyarakat itu tidak boleh lengah. Kasus asimptomatik (tidak bergejala) banyak di antara kita,” kata Daeng saat dialog bertajuk “Waspada Varian Baru Corona N439K”, Minggu (14/3/2021).

Daeng menyatakan, kehadiran N439K sangat memungkinkan para penyintas Covid-19 bisa mengalami reinfeksi.

“Jadi meskipun sudah menjadi penyintas dan punya antibodi jangan senang dulu karena reinfeksi dengan N439K ini akan memungkinkan. Justru kalau ini benar maka bagi penyintas pun sebaiknya dilakukan vaksinasi,” ucap Daeng.

Baca juga  Anggota Komisi IX DPR: Kasus Covid di India Harus Jadi Pelajaran

Menurut Daeng, vaksinasi Covid-19 penting dilakukan. Sebab sejauh ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kementerian Kesehatan, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), masih menyatakan vaksin Covid-19 efektif untuk mutasi baru.

“Kita berdoa masih efektif terhadap semua mutasi yang terjadi. Masyarakat tidak boleh lengah dan protokol kesehatan dijaga. Yang sudah vaksin pun harus patuh terhadap protokol kesehatan,” tegas Daeng.

 

 

 

Sumber: 

 

Pos terkait

jasa website rumah theme