Mentan Syahrul Yasin Limpo Janji Pengembangan Agrowisata Buah

  • Whatsapp
Mentan Syahrul Yasin Limpo Janji Pengembangan Agrowisata Buah
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) meninjau kawasan kebun agrowisata buah kelengkeng Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dia juga melakukan panen kelengkeng sekaligus mencicipi buah lokal yang dikembangkan di kawasan agrowisata bagi Foto: Kementan.

METROSIDIK.CO.ID — Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau kawasan kebun agrowisata buah kelengkeng Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, guna meningkatkan pengembangan budi daya pada berbagai daerah, Sabtu (6/3).

“Kebun kelengkeng ini menjadi salah satu tempat objek wisata. Selain memiliki Candi Borobudur, Kabupaten Magelang memiliki wisata kebun lengkeng,” ungkap Syahrul.

Dia juga melakukan panen kelengkeng sekaligus mencicipi buah lokal yang dikembangkan di kawasan agrowisata bagi masyarakat.

Baca juga  So you want to be a startup investor? Here are things you should know

“Buah kelengkengnya manis-manis sekali dan bisa dilihat buahnya sangat banyak,” kata Syahrul.

Orang nomor satu di Kementan itu juga memuji agrowisata di Kabupaten Magelang. Selain itu, mantan gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) yang menjabat dua periode ini berjanji akan mengembangkan agrowisata buah.

“Agrowisata di Kabupaten Magelang luar biasa. Kami akan dorong terus untuk kawasan buah lokal bisa dikembangkan jangan di satu daerah tetapi di setiap daerah ada,” ungkap Syahrul.

Menurut Syahrul, pengembangan kawasan buah lokal harus memperhatikan keunggulan komparatif dan kompetitif wilayah.

Selain itu, katanya, harus dikelola secara komprehensif dari hulu hingga hilir. Pasalnya, Setiap daerah memiliki ciri khas sendiri sehingga perlu dilakukan penyesuaian untuk buah lokal yang dikembangkan.

Pemilik Agrowisata Kebun Kelengkeng Borobudur sekaligus anggota Koramil 19/Borobudur Kodim 0705/Magelang Mugiyanto menyampaikan terima kasih atas kunjungan Mentan Syahrul.

Baca juga  Polemik Kedelai Impor, Mentan: Ini Pelajaran untuk Kita Semua

Lahan agrowisata kebun kelengkeng yang dikelolanya itu seluas 1,3 hektare dengan populasi tanaman 250 pohon jenis kateki. “Ke depan lahan ini perlu diduplikasi di daerah lain,” tegasnya.

 

Pos terkait

jasa website rumah theme