Penjelasan Kemkes Soal Nakes Terinfeksi Covid-19 Usai Divaksinasi

  • Whatsapp
Vaksinator melakukan penyuntikan kepada peserta vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta, Senin (18/1/2021).
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan. (Foto: Antara)

JAKARTA, METROSIDIK.CO.ID — Sebanyak 15 tenaga kesehatan (nakes) dan tujuh siswa praktik kerja lapangan (PKL) di Puskesmas Jombang, Tangerang Selatan (Tangsel) terinfeksi Covid-19. Padahal, sebagian besar tenaga kesehatan itu sudah divaksin Covid-19.

Merespons hal tersebut, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Kementerian Kesehatan (Kemkes), Siti Nadia Tarmizi, mengakui ada nakes yang terpapar Covid-19 usai divaksinasi.

Kata Nadia, para nakes yang terinfeksi Covid-19 tersebut, karena dampak vaksin atau pembentukan antibodi baru dapat terlihat 28 hari setelah vaksin pertama dan kedua.

“Ada juga nakes yang sudah divaksin, tetapi positif. Ini karena mereka sudah terpapar karena kita tahu, vaksin itu, butuh 28 hari untuk bisa muncul antibodinya,” kata Nadia, Kamis (25/2/2021).

Ia menjelaskan, sebelum penyuntikan kedua setelah 14 hari dari jeda penyuntikan pertama, orang yang divaksinasi masih memungkinkan terpapar Covid-19. Sebab periode munculnya gejala Covid-19 di antara 1-14 hari.

Sebagaimana diketahui, vaksinasi pada nakes ini menggunakan vaksin Sinovac dengan dua dosis. Berdasarkan petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan vaksinasi dari Kemkes, vaksin Sinovac diberikan dua kali dengan jarak waktu penyuntikan 14 hari setelah penyuntikan pertama.

 

 

 

Sumber: 

 

Pos terkait

jasa website rumah theme