IHSG Diperkirakan Menguat Hari Ini, Simak Sentimen Penggeraknya

IHSG Diperkirakan Menguat Hari Ini, Simak Sentimen Penggeraknya
Ilustrasi

JAKARTA, METROSIDIK.CO.ID — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau, Kamis (11/2). IHSG tercatat menguat 20,69 poin atau 0,33% ke level 6.222,52.

Mengutip data dari Bursa Efek Indonesia (BEI), penguatan paling signifikan dicatatkan oleh sektor teknologi yang meningkat hingga 2,36%. Setelahnya disusul sektor energi dan sektor kesehatan yang terkerek masing-masing 1,47% dan 1,25%.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan mengamati, IHSG menguat terbatas di tengah jumlah nilai transaksi yang turun cukup drastis selama dua hari terakhir karena libur panjang akhir pekan.

Asal tahu saja pada Jumat (12/2), perdagangan di bursa libur karena perayaan Imlek. Adapun penurunan nilaiย transaksi ini menekan rata-rata nilai transaksi selama sepekan.

Mengutip rilis dari BEI, Kamis (11/2), rata-rata nilai transaksi harian selama sepekan melorot 17,66% menjadi Rp 14,87 triliun dari Rp 18,06 triliun pada pekan sebelumnya.

Lebih lanjut dijelaskan, penguatan diprediksi masih akan berlanjut pada perdagangan Senin (15/2). IHSG diprediksi bergerak dengan levelย supportย 6.200 hingga 6.178. Sementara itu, levelย resistance-nya berada di 6.254 dan 6.238.

“Secara teknikalย candlestickย membentukย dojiย padaย higher highย danย higher lowย didukungย indicator stochasticย yang membentukย goldencross,” jelas Dennies dalam riset di Jakarta, Kamis (11/2).

Dennies juga mengatakan, pergerakan awal pekan akan dipengaruhi sentimen dari data ekonomi neraca perdagangan dan suku bunga Indonesia. Asal tahu saja, pada Rabu hingga Kamis, 17-18 Februari 2021, Bank Indonesia (BI) akan menggelar Rapat Dewan Gubernur (RDG).

Tidak jauh berbeda, Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama mengungkapkan, berdasar rasio fibonacci, adapunย supportย maupunย resistanceย berada pada 6.179,13 hingga 6.256,03.

Baca juga  Kerjasama Bilateral Indonesia Genjot Ekspor ke China Naik Tiga Kali Lipat

Berdasar indikator, MACD telah berhasil membentuk polaย goldencrossย di area positif. Sementara itu, Stochastic dan RSI mulai menunjukkan sinyal positif.

“Terlihat polaย upward barย yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju keย resistanceย terdekat,” tutupnya dalam riset yang diterima Kontan.co.id, Kamis (11/2).

 

 

 

 

Sumber:ย 

 

jasa website rumah theme

Pos terkait