Menguat Pekan Lalu, Ini Proyeksi IHSG Pada Senin (7/2)

Menguat Pekan Lalu, Ini Proyeksi IHSG Pada Senin (7/2)
ILUSTRASI. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,73% pada perdagangan Jumat (5/2). Dalam sepekan, IHSG berhasil menguat 4,94%. (Foto: Kontan.co.id/Cheppy A Muchlis)

JAKARTA, METROSIDIK.CO.ID — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,73% pada perdagangan Jumat (5/2). Dalam sepekan, IHSG berhasil menguat 4,94%.

Sejumlah analis memperkirakan, IHSG masih berpotensi menguat pada perdagangan Senin (8/2). Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Ardiastama mengatakan, sentimen dari luar negeri  yang akan menggerakkan IHSG terkait kepastian dari stimulus Amerika Serikat (AS).

Stimulus ini dinilai mampu meningkatkan kepercayaan diri pelaku pasar. Okie bilang, menurunnya VIX CBOE dalam beberapa hari terakhir menjadi gambaran terkait optimisme dan harapan bagi penguatan pasar saham Amerika Serikat.

“IHSG diproyeksikan menguat dengan support 6.069 dan resistance 6.269,” terang Okie kepada Kontan.co.id, Minggu (7/2). Adapun saham PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dapat dijadikan pertimbangan investor untuk Senin (8/2).

Analis Phillip Sekuritas Indonesia Anugerah Zamzami Nasr juga menilai, sentimen pada perdagangan Senin (8/2) datang dari ekspektasi yang lebih besar atas diloloskannya stimulus AS setelah rilis data tenaga kerja yang cukup mengecewakan kemarin.

Sementara dari dalam negeri, Zamzami menilai, sepanjang pekan depan pasar saham bakal sepi sentimen. “Paling hanya laporan keuangan emiten yang akan dinanti, serta angka kasus Covid-19 yang masih diperhatikan pasar,” terang Zamzami, Minggu (7/2).

Untuk perdagangan Senin (8/2), Zamzami memproyeksikan, IHSG bergerak menguat dalam rentang support 6.070 dan resistance 6.192.

Berdasarkan rasio fibonacci, Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama menilai, support maupun resistance IHSG berada pada 6.102,22 hingga 6.256,03. Berdasarkan indikator, MACD telah membentuk pola dead cross di area positif.

Meskipun demikian, Stochastic dan RSI mulai menunjukkan sinyal positif. Di sisi lain, masih terlihat pola upward bar yang mengindikasikan masih adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga kemungkinan berpeluang menuju ke resistance terdekat.

 

 

 

Sumber: 

 

jasa website rumah theme